Travelista – Kereta api saat ini menjadi moda transportasi pilihan bagi Anda yang ingin bepergian dengan jarak tempuh yang jauh tetapi dengan harga yang masih terjangkau.

Keberadaan kereta api memang sangat membantu para bepergian yang ingin menghemat anggaran. Terlebih saat ini kereta api memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman digunakan.

Selain itu, kereta api juga dikenal sebagai transportasi yang tepat waktu dari segi diterima juga datang. Jadi, rencana perjalanan yang sudah dibuat dan disetujui pun tidak akan dibatalkan.

Tentunya di era teknologi seperti sekarang, alasan kereta api menjadi moda transportasi favorit karena pemesanan tiketnya yang mudah. Hanya dengan smartphone bermodalkan , Anda bisa langsung memesan tiket di mana saja dan kapan saja.

Nah, tapi tidak pernahkah Anda naik kereta tapi tempat duduk yang kita tempati sangat tidak nyaman? Jika pernah, tentu hal yang sangat penting dan membuat perjalanan selama di kereta menjadi tidak menyenangkan.

Kalau begitu, berikut beberapa tips memilih tempat duduk di kereta api agar Anda bisa nyaman selama berada dalam perjalanan di kereta.

1. membahas kode kelas kursi

Ketika Anda melakukan pemesanan tiket kereta api online, pasti akan muncul jenis kelas gerbong yang diikuti oleh kode kursi, misalnya Eko (S). Untuk mengetahui arti dari kode tersebut, berikut penjelasannya.

  • Eksekutif: A, H, I, J, X yang berarti tarif tertinggi A, Terendah J, Promo X.
  • Bisnis: B, K, N, O, Y artinya tarif tertinggi B, Terendah O, Promo Y.
  • Ekonomi: C, P, Q, S, Z harga rata-rata tertinggi C, terendah, S, promo Z.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan kursi yang nyaman dan terbaik di kereta api, senang Sobat Mojou memesan kursi dengan kode harga tertinggi. Tapi jika Sobat Mojou ingin mendapatkan promo, maka bisa memesan kursi dengan kode X, Y, Z seperti di atas. Maka dari itu, sebelum memesan lihat dulu kode kursinya, ya.

2. membahas posisi gerbong

Pada umumnya, posisi kereta di Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) berada di ujung jalur kereta. Sementara untuk gerbong makan berada di tengah rangkaian. Khusus juga, kereta dengan kelas Eksekutif memiliki posisi di tengah.

Alasan kereta eksekutif ada di antara lain karena posisinya dekat dengan gerbong makan, penumpang akan lebih mudah untuk naik dan turun serta menyelamatkan lebih aman karena posisinya di tengah rangkaian.

3. Posisi Kursi Terhadap Jendela

Kursi kereta yang ada di dekat jendela biasanya dekat dengan dinding dan colokan. Mungkin, Anda bisa lebih mudah untuk bersandar atau men mengisi baterai ponsel. Biasanya, kursi yang dekat dengan jendela adalah kursi dengan kode A dan E.

Tapi, bagi Anda yang sering bolak-balik toilet atau sering jalan-jalan di gerbong memilih kursi yang ada di pinggir agar disediakan untuk dipindahkan-pindah atau keluar masuk kursi.

Itulah beberapa tips memilih kursi KAJJ yang nyaman untuk diduduki. Kalau Anda ada tips lain, yuk bagikan pada kolom komentar di bawah ini.

(Rwfadilah)

Travelista.id

Previous article3 Hal Wajib Pendaki yang harus Dimiliki Guna Cegah Hypotermia
Next articleIni Pertolongan Pertama Saat Diare di Perjalanan