Travelista – Jika kita mengamati bahasa yang paling sering digunakan oleh orang asing umumnya mereka menggunakan bahasa Inggris. Hal ini sangat wajar mengingat pada masa abad penjelajahan, Inggis telah membangun koloni-koloni diberbagai tempat seperti Amerika, Afrika, India bahkan sampai ke wilayah Asia.

Tapi taukah kamu? Ada beberapa bahasa lain yang lebih umum digunakan berbagai negara ketimbang bahasa Inggris. Bahasa tersebut umumnya tidak mendapat pengaruh dari Inggris. Apa saja bahasa-bahasa tersebut? Berikut daftarnya:

1. Mandarin

National Flag RRC

Bahasa Mandarin berada diposisi kedua sebagai bahasa yang paling populer di dunia. Berdasarkan Worldatlas.com sebanyak 1,1 miliar orang di dunia mampu berbicara bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin banyak digunakan di Taiwan, Singapura dan Malaysia, bahkan di Amerika beberapa Chinatown, warganya umumnya berbahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling umum di China. Sebenarnya banyak dialek yang digunakan oleh orang China seperti dialek Canton dan Shanghai tapi bahasa mandarin lebih umum digunakan di China dan berbagai negara. Intinya hal ini mirip seperti kita yang berbahasa Indonesia dan orang yang berbahasa daerah asalnya.

2. Spanyol

Negara dengan Bahasa Spanyol Sebagai Bahasa Resmi

Tercatat sebanyak 661 juta orang di dunia menyukai dan bisa berbicara Spanyol. Bahasa Spanyol adalah bahasa asli orang iberia yang kemudian menjadi bahasa resmi di Spanyol. Bahasa Spanyol ini juga digunakan di negara Amerika Latin seperti Argentina, El Salvador, Chile, Meksiko, Guatemala, dan Kosta Rika.

Secara historis negara negara yang ada di Amerika Latin merupakan bekas wilayah kolonial yang memerdekakan diri dari pemerintahaan Spanyol. Hal ini menjadikan Meksiko, Kolombia dan Argentina menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resminya.

3. Arab

Biru : Sebagai Bahasa Resmi
Hijau :Sebagai Bahasa Kedua

Bahasa Arab termasuk sebagai bahasa yang paling populer di dunia. Hal ini terjadi seiring dengan cepatnya penyebaran Islam melalui para ulama dan pedagang. Saat ini tercatat sekitar 422 juta orang di dunia mampu berbicara bahasa arab. Bahasa Arab biasanya digunakan oleh orang-orang dari timur tengah dan beberapa negara di Asia yang mayoritas beragama Islam.

Bahasa Arab sebagai bahasa resmi digunakan oleh negara-negara timur tengah seperti Saudi Arabia, Iraq, Sudan dan Qatar. Beberapa wilayah di Afrika Utara juga menggunakan Bahasa Arab seperti di Maroko. Di Asia, Indonesia dan Malaysia, Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa kedua yang digunakan masyarakat tertentu.

4. Rusia

Sumber Gambar : Hemitagemuseum.org

Walaupun Bahasa Rusia memiliki sistem penulisan yang cukup sulit, ternyata cukup banyak orang di dunia yang mampu berbicara dalam bahasa ini. Tercatat 267 juta orang mampu berbicara dalam Bahasa Rusia dengan lancar.

Bahasa Rusia umumnya digunakan di negara negara bekas wilayah Uni Soviet seperti Ukraina, Latvia, Armenia, Kazakhstan, Uzbekistan dan Lithuania. Walaupun tidak menjadi sebagai bahasa resmi dari negara-negara bekas wilayah Uni Soviet tapi rata-rata masyarakatnya mampu berbicara dalam Bahasa Rusia

5.  Portugis

Hijau : Bahasa Portugis Sebagai Bahasa Resmi
Hijau Muda : Bahasa Portugis Sebagai Bahasa Kedua
Kuning : Bahasa yang Berbasis Bahasa Portugis

Selanjutnya ada bahasa Portugis yang meraih sebanyak 229 juta orang di dunia. Bahasa Portugis menyebar saat abad penjelajahan dimulai dari Brasil di Amerika Selatan hingga Makau di Tiongkok. Hasilnya, bahasa Portugis kini adalah bahasa resmi di beberapa negara dan dituturkan atau dipelajari secara luas sebagai bahasa kedua di banyak negara lainnya. Saat ini selain Portugal, yang menjadikan Bahasa Portugis sebagai bahasa resmi adalah Timor-Timur, Brazil, Angola, dan Mozambik.

Dari bahasa-bahasa tersebut, mana yang menurutmu menarik dan ingin kamu pelajari?

(Editor : Naufal)

Travelista

Previous articleBukan Geprek Bensu Atau Iam Geprek Bensu, Begini Cara Masak Ayam Geprek Terenak
Next articleCurug Enteng Jodoh Berbentuk Naga Yang Mempesona di Bogor