Travelista – Tim pencarian dan pertolongan gabungan hingga saat ini terus berupaya melakukan pencarian korban dan puing-puing. Seperti diketahui, Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 mengalami kecelakaan di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB.

Menariknya, dua titik tempat pencarian ini dilakukan di Pulau Laki dan Pulau Lancang. Jika Anda mendatangi tempat tersebut akan terlihat daratan “mungil” yang dikelilingi Laut Jawa. Jaraknya tak begitu jauh dari Jakarta, namun namanya baru populer setelah kasus kecelakaan tragis tersebut.

Baca juga : Keluarga Korban: Ayah Tiba-tiba Minta Sholat Dijamak Sebelum Naik Pesawat Sriwijaya Air

Baca juga : Fungsi dan Bentuk ‘Black Box’ Alat Terpenting Saat Pesawat Jatuh

Pulau Laki

Marinir saat melakukan latihan di Pulau Laki/BatamNews/Jim/Edo


Dataran yang memiliki luas tanah sekitar 1,5 hektare, Pulau Laki adalah pulau tak berpenghuni. Pulau ini dikelilingi hutan bakau.

Di dalamnya terdapat puluhan unit tempat penginapan, kolam renang, lapangan tenis, sampai lapangan golf, namun karena satu dan lain hal tempat wisata itu tak lagi beroperasi.

Sebagai gantinya, Pulau Laki dijadikan tempat latihan TNI Angkatan Laut sejak 2001.

Pulau Laki yang berpasir putih ini juga menjadi lokasi penelitian flora dan fauna. Khususnya burung, bisa dijumpai 27 spesies burung seperti Perkutut (Geopelia striata) dan Gagak Hutan (Corvus enca).

Pulau Laki bisa dijangkau dari Pantai Mauk, Sepatan, Tangerang. Durasi perjalanannya sekitar 25 menit naik kapal cepat.

Tersedia tempat berkemah di sana, namun saat datang harus izin terlebih dahulu di pos TNI.

Pulau Lancang

Suasana Pulau Lancang/JakartaBisnjs.com/ Foto:Sam JPPN



Jika Pulau Laki hampir tak berpenghuni, maka tidak dengan Pulau Lancang.

Berjarak sekitar 11 km dari utara Pulau Jawa, pulau ini memiliki luas sekitar 18 hektare.

Pulau Lancang ramai didatangi turis untuk wisata memancing. Pantai Karma yang berpasir putih juga sering didatangi warga dan turis untuk wisata bahari.

Selain mengantar wisatawan, penduduk yang memiliki kapal umumnya berprofesi sebagai nelayan, mulai dari ikan teri sampai rajungan.

Dari Dermaga Marina, Ancol, wisatawan bisa menumpang kapal menuju Pulau Lancang dengan durasi sekitar 1,5 jam perjalanan.

Previous articleKeluarga Korban: Ayah Tiba-tiba Minta Sholat Dijamak Sebelum Naik Pesawat Sriwijaya Air
Next articleTiga Pulau yang Sebaiknya Jangan Dikunjungi