Photo by Google

Travelista, Jakarta – Biasanya, Hari Raya Idul Fitri identik dengan makanan-makanan yang mengandung santan. Sebut saja rendang, opor, hingga sayur pun tak luput dari campuran sari-sari kelapa.

Memang hal ini bukanlah sesuatu yang aneh, namun Anda patut waspada terhadap Kesehatan tubuh Anda karena terlalu banyak memakan makanan yang mengandung santan akan berefek buruk pada Kesehatan.

Tak bisa dipungkiri, makanan berbahan dasar santan memang sedap untuk disantap. Kendati demikian, perlu perhatian khusus agar terhindar dari segala  penyakit. Berikut lima bahaya terlalu banyak mengkonsumsi makanan bersantan:konsumsi makanan bersantan:konsumsi makanan bersantan:

1. Tekanan Darah Tinggi

Maslaah pertama yang akan timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi santan adalah tekanan darah tinggi (hipertensi). Seperti yang diketahui, jumlah santan yang berlebih bisa memicu peningkatan kadar trigliserida, yakni salah satu jenis lemak yang berguna sebagai cadagan energi tubuh.

Semakin banyak energi yang tidak terurai dalam tubuh, dapat berdampak pada penyumbatan arteri serta pembuluh darah. Oleh karena itu, bagi para penderita hipertensi, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi trelalu banyak santan.

2. Gangguan Jantung

Selain hipertensi atau tekanan darah tinggi, masalah lain yang bisa disebabkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi santan adalah gangguan jantung. Hal ini disebabkan oleh santan yang dimasak dalam suhu tinggi dan berulang.

Hal tersebut memicu penumpukan lemak jahat dalam santan. Kondisi ini dapat memnyebabkan terjadinya gangguan pada jantung.

3. Stroke Ringan

Layaknya satu paket, setelah hipertensi dan masalah jantung, masalah lain yang dapat timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi santan adalah stroke ringan. Hal ini terjadi akibat penyumbatan aliran darah dan pembuluh arteri.

Jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi mineral dan cairan yang cukup, maka kondisi ini dapat menyebabkan stroke ringan. Sedangkan pada usia yang lebih tua dapat menyebabkan stroke berat.

4. Asam Lambung Meningkat

Menyantap hidangan yang mengandung santan berisiko meningkatkan asam lambung. Terlebih jika Anda mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Hal tersebut akan menyebabkan lambung kesulitan untuk mencerna makanan lain. Sehingga rasa nyeri di lambung tidak bisa terbantahkan.

5. Kolestrol Meningkat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, santan mengandung lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah banyak, serta memanaskan makanan bersantan secara berulang-ulang karena dapat menyebabkan kadar kolestrol semakin tinggi.

Travelista

Previous articledr. Marie Thomas, Sosok Inspirasi Sepanjang Masa
Next articleTerkuak! Jadi ini Alasan Mengapa Wanita Kazakhstan Cantik-cantik