Travelista, Jakarta – Indonesia kaya akan keberagaman suku, ras, dan agama. Mulai dari Sabang hingga Marauke, terdapat berbagai suku dan ras yang berbeda-beda. Dengan keberagaman tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan budaya.

Dari berbagai suku yang ada di Indonesia, di antaranya masih dipercaya mengusai ilmu hitam. Bukan tanpa alasan, sebab nenek moyang Indonesia merupakan penganut kepercayaan dinamisme serta animisme.

Baca juga: Jangan Pernah Ngeremhin Gunung yang Satu ini! Berani?

Dengan begitu, aura mistis sangat kental di suku-suku Indonesia, terutama suku pedalamannya. Bahkan di antara suku-suku tersebut sangat ditakui, dan dinobatkan sebagai ketua paranormal sedunia di Jerman.  Suku mana sajakah itu? Yuk, baca selengkapnya pada artikel berikut ini.

1. Suku Asmat, Papua

photo by Google

Siapa yang tak tahu dengan Suku Asmat, suku asli dari Papua ini dikenal sangat mahir dalam menguasai ilmu hitam. Bayangkan saja, orang-orang Suku Asmat dipercaya mampu menemukan barang yang hilang, bahkan yang lebih mengerikannya lagi, mampu mendatangkan hujan petir.

Suku Asmat merupakan suku yang sangat menghormati para leluhurnya yang dipercaya tinggal di alam gaib. Banyak orang meyakini, jika seseorang melakukan hal-hal yang tidak baik pada Suku Asmat, maka akan dapat musibah yang tidak diinginkan.

Salah satu yang istimewa dari Suku Asmat, yakni sangat menjaga alam-alam di sekitarnya. Mereka percaya, jika merusak alam, berarti merusak tempat tinggal dewa-dewa.

2. Suku Osing, Banyuwangi

photo by Google

Jawa Timur ternyata memiliki suku yang dipercaya menguasai ilmu hitam. Suku tersebut bernama Osing. Suku Osing ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur dan dikenal sebagai markas dukun sakti.

Saking hebatnya ilmu hitam Suku Osing, pernah terjadi tragedu santet Banyuwangi di tahun 1998 dimana tragedy tersebut menewaskan ratusan orang. Pada tragedy tersebut, orang-orang dibunuh dengan sadis.

Bahkan, ilmu hitam di Suku Osing terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari santet hitam, santet merah, santet kuning, serta santet putih. Masing-masing santet tersebut memiliki tujuan yang berbeda-beda.

3. Suku Baduy, Banten

photo by Google

Bagi Anda yang bermukim di Provinsi Banten, tentu sangat akrab dengan Suku Baduy. Ya, suku yang berada di perdalaman Banten ini merupakan Suku yang dipercaya sangat kuat ilmu hitamnya. Suku Baduy dipercaya dapat meramal masa depan, menguasai ilmu pellet, debus, bahkan kebal senjata.

Kiprah Suku Baduy dalam ilmu hitam sudah tak perlu diragukan lagi. Sudah banyak orang yang dating ke tempat ini hanya untuk mempelajari ilmu hitam.

4. Suku Batak, Medan

photo by Google

Siapa sangka, Suku asli Medan ini ternyata sangat kental aura mistisnya. Bahkan Suku Medan dinobatkan menjadi ketua paranormal sedua di Jerman dan berhasil mengalahkan Suku Voodoo dari Haiti.

Hingga kini, beberapa Suku Batak masih  memepercayai Begu Ganjang, yang berarti makhluk halus bertangan Panjang. Mereka bisa menjadi penjaga orang-orang Suku Batak, yang biasa disebut Par Begu Ganjang. Makhluk yang satu ini sangat ditakuti karena dipercaya bisa mencabut nyawa seseorang.

5. Suku Dayak, Kalimantan

photo by Google

Berbicara ilmu hitam Nusantara, tak lengkap rasanya jika tidak membahas Suku Dayak, Kalimantan. Kemahiran suku ini dalam memperaktekan ilmu hitam sudah tak diragukan lagi. Salah satu ilmu hitam yang terkenal dari Suku Dayak, ialah Mandau terbang.

Senjata tradisional Suku Dayak ini dipercaya mampu dikendalikan dari jarak jauh untuk membunuh lawan atau melindungi kawan. Selain itu, gadis-gadis Suku Dayak juga diyakini sangat mahir dalam menggunakan ilmu hitam. Jika ada lelaki yang berani menyakiti gadis Dayak, dipercaya akan putus kemaluannya.

Travelista

Previous articleJangan Pernah Ngeremehin Gunung Yang Satu Ini!, Berani? (Bagian 2)
Next articleMenantang! Berikut daftar Gunung Terekstrem di Indonesia