Tidak kalah dengan di luar negeri sana, ternyata hantu Indonesia paling ditakuti oleh beberapa orang. Dengan wujud yang menyeramkan, tidak hanya itu bau dari sosok hantu itu sangat khas. Kadang kita mencium bau bunga melati bahkan kadang mencium aroma darah yang sangat amis.

Beberapa kota di Indonesia sering ditampakkan dengan hantu yang hanya ada di kota tersebut bahkan di dunia. Tidak ada di tempat lain. Penasaran apa saja? yuk simak beberapa ulasannya!

1. Lampor

Lampor, pembawa maut yang jadi pasukan Nyi Roro Kidul | merdeka.com
sumber foto : merdeka.com

Tidak banyak yang tahu mengenai hantu satu ini, namun hantu lampor pernah diangkat menjadi film horror di Indonesia. Tetapi kala itu film tersebut kurang laris di pasaran. Lampor adalah keranda terbang yang sering meneror orang-orang dan dikendalikan oleh pencabut nyawa,

Sering menjadi perbincangan di Jawa Tengah, karena diyakini keberadaan lampor berasal dari Jawa Tengah. Bila ada yang mendengar suara dari keranda terbang, lalu melihat sosok lampor. Tidak tanggung-tanggung lampor akan membawa orang yang melihat sosoknya.

Jika mendengar suara lampor tengah malam, hanya cukup berdoa dan jangan panik.

2. Jenglot

Bagaimana Asal-usul Jenglot? Makhluk Mistis yang Haus Darah Satu Tetes  Setiap Hari - Serambi Indonesia
sumber foto : tribun.com

Bentuk dari jenglot memang sangat aneh. Badannya kecil, tua menyeramkan, ukuran dari jenglot ini mirip seperti boneka. Berkulit gelap, kuku panjang, taring panjang dan mata yang melotot. Jenglot sering ditemukan di sekitar pulau Jawa, Bali dan Kalimantan.

Walau sepertinya tidak hidup, tapi jenglot sendiri memiliki roh yang terkutuk. Bahwa pernah ditemukan rambut, kuku dan taring jenglot tumbuh seperti makhluk hidup. Menurut mitos asal usul jenglot adalah pertapa yang menginginkan kekekalan, ada juga yang bilang merupakan pesugihan yang dipelihara oleh dukun.

3. Leak

Asal–usul Leak Bali: Makhluk Jelmaan Pencari Tumbal - kumparan.com
sumber foto : kumparan.com

Hantu leak bisa ditemukan hanya di kota Denpasar Bali saja. Leak diyakini sebagai penyihir jahat yang kerap mengganggu manusia, tetapi memiliki ilmu gaib yang luar biasa hebatnya. Semakin banyak korban, semakin sakti kekuatan dari leak.

Menurut penuturan masyarakat Bali, Leak jika siang hari berubah menjadi manusia pada umumnya namun jika malam hari berubah menjadi sosok yang menakutkan. Tidak hanya itu sobat leak bisa berubah menjadi hewan seperti babi, monyet, rusa bahkan harimau.

4. Kuyang

5 Fakta Kuyang yang Dipercayai Masyarakat Indonesia dan Doa Pengusirnya -  Hot Liputan6.com
sumber foto : liputan6.com

Bagi masyarakat yang tinggal di Kalimantan, nama kuyang sudah menjadi buah bibir yang akrab diperbincangkan. Layaknya sebuah tradisi, orang-orang Kalimantan seakan gelisah ketika datangnya malam hari.

Menurut penuturan orang-orang Kalimantan, kuyang adalah siluman yang mencari bayi dan darah ibu hamil atau yang baru melahirkan. Ketika telah memakan darah tersebut, kesaktian kuyang akan bertambah dan sukar untuk dikalahkan.

Menelisik mitos yang berkembang, kuyang dipercaya sebagai sosok manusia yang mendalami ilmu hitam untuk mendapatkan keabadian. Bagi mereka yang ingin terlihat awet muda, jalan pintas ini kerap dijalani meski memakan korban.

Walau dikenal akan kesaktiannya, ternyata kuyang masih memiliki sedikit kelemahan. Kuyang tak berarti bila berhadapan dengan bawang merah dan bawang putih. Bila rumah ditebar dengan bawang merah dan bawang putih, sudah dipastikan kuyang enggan untuk mendekat.

Previous articleMenelisik Dodol Khas Betawi Asal Cilenggang
Next articleTempat Wisata di Indonesia yang tidak Semua Orang Berani Kesana