Travelista – KM Santika Nusantara terbakar di perairan Masalembu pada Kamis Agustus 2019 sekitar pukul 20.45 WIB, ketika berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Total penumpang yang tercatat pada manifes awal berjumlah 277 orang termasuk awak kapal. Jumlah awal penumpang pada kapal KM Santika Nusantara sendiri yaitu 111 orang penumpang yang terdiri dari 100 orang dewasa, 6 anak-anak dan 5 bayi.

Namun setelah dilakukan evakuasi oleh Basarnas dan tim gabungan terdapat 309 orang dimana artinya data jumlah penumpang tidak sesuai dengan manifes awal. Kali ini Mojou akan membahas 5 langkah yang harus dilakukan ketika berada di atas kapal yang tenggelam :

1 Jangan panik alias tetap tenang

Memang susah untuk tetap tenang dalam keadaan genting apalagi dalam keadaan kapal yang hampir tenggelam dan terbakar, tapi berusaha tetap tenang adalah hal yang tepat untuk dilakukan, sehingga kita dapat berfikir dengan jernih dan menemukan jalan keluar untuk menyelamatkan diri.

2. Cari Pelampung

Setelah bersikap tenang cobalah mencari pelampung. Setiap kapal tentunya menyediakan pelampung untuk setiap penumpang dan awak kapalnya. Maka dari itu jumlah penumpang tidak boleh melebihi kapasitas pelampung apalagi kapasitas kapal. Biasanya tempat pelampung itu sendiri berada di tengah kapal dimana para penumpang berkumpul dan biasanya pula ada petugas yang selalu mengingatkan letak pelampung yang berada di kapal.

3. Lompat dari kapal

Lompatlah dari kapal setelah kalian menggunakan pelampung kalian. Eits tunggu dulu sebelum kalian lompat dari kapal ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Usahakan kalian tetap menggunakan sepatu kalian, pastikan bahwa kalian tidak mendarat di atas orang lain atau benda lain. Kasian juga kan jika ada orang lain yang tertimpa badan kalian. Sebelum melompat tutup hidung kalian dengan salah satu tangan kalian dan usahakan bagian kaki dulu yang masuk ke dalam air. Dan usahakan kalian lompat sejauh mungkin ya.

4.Menjauhlah dari kapal

Jika kalian sudah masuk ke dalam air usahakanlah untuk menjauh dari kapal yang tenggelam karena biasanya kapal-kapal yang tenggelam akan menyedot dan menghisap semua yang tenggelam meskipun kalian memakai pelampung. Jika kalian bisa berenang maka usahakan renang dengan gaya dada untuk menjauhi kapal. Namun jika kalian tidak bisa berenang, berjalanlah di dalam air dan menjauh pelan-pelan dari kapal.

5. Hindari Hipotermia

Yang terakhir ketika kalian sudah di dalam air, usahakan agar tubuh kalian tidak kedinginan atau terserang hipotermia. Suhu air laut yang dingin akan membuat suhu tubuh kalian menjadi rendah dan kalian akan mengalami mati rasa bahkan bisa menyebabkan kematian. Hal yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut yaitu rapatkan lutut kalian ke dada agar suhu tubuh kalian tetap terjaga. Jika kalian bersama orang lain, cobalah untuk saling berpelukan agar tubuh kalian tetap hangat dan usahakan untuk tetap menggunakan pakaian meskipun pakaian kalian basah kuyup

Itu dia hal-hal yang harus dilakukan ketika kalian berada di atas kapal yang akan tenggelam. Tetaplah jaga keselamatan setiap kalian bepergian ya, jangan lupa berdoa karena Allah akan selalu memberikan keajaiban di setiap doa-doa yang dipanjatkan umatnya.

Travelista