Travelista – Indonesia kaya akan bangunan masjid dengan ragam arsitektur yang unik. Bahkan bangunan tersebut sering dijadikan tempat wisata religi di wilayah tersebut.

Sebagai informasi negara yang merdeka pada tahun 1945 ini merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim yang besar di dunia.

Jadi tidak heran banyak bangunan masjid yang indah san beragam yang bisa kita kunjungi di negeri tercinta ini

1. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Sumber mudaberbicara.com/Abdul Malik Raharusun

Masjid yang dikenal sebagai Mahligai, Minang merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Lokasinya di Padang, Sumatera Barat.

Keunikannya dapat terlihat dari bagian atas masjid yang menyerupai Rumah Adat Minang dengan ciri bangunan berbentuk gonjong.

Ada pula penggunaan ukiran hingga kaligrafi pada dinding bagian luar. Desain masjid juga menggambarkan kejadian peletakan batu Hajar Aswad yang menggunakan kain yang dibawa oleh empat orang perwakilan suku di kota Makkah.

2. Masjid 99 Kubah, Makassar

Madjid Kuba 99, Makassar/ Sumber Pegipegi.com

Masjid yang beridiri di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari, tepatnya di Kawasan CPI (Center Point of Indonesia), merupakan masjid kebangaan warga Makassar. Mereka biasa menyebht Masjid 99 kuba.

Sebagai informasi, bangunan masjid dua lantai ini memiliki luas 72×45 meter, dengan kapasitas sekitar 13 ribu jemaah.

Umat Islam bisa beribadah di dalam, atas, sampai halamannya. Saat ini Masjid 99 Kubah belum bisa dikunjungi umum karena masih dalam tahap pembangunan

3. Masjid Al Irsyad, Kota Baru Parahyangan

Masjid Al Irsyad, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, satu dari sekian banyak bangunan monumental karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Adi Haryanto)

Masjid ini memiliki arsitektur bangunan yang tak biasa. Bangunannya berbentuk kubus menyerupai Kabah di Makkah. Masjid yang berada di Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini dibangun pada tahun 2009.

Namun, baru diresmikan pada tanggal 27 Agustus 2010 silam. Jika biasanya masjid memiliki kubah, tidak demikian dengan Masjid Al Irsyad. Masjid ini dirancang arsitek ternama Indonesia, Ridwan Kamil yang kini menjabat Walikota Bandung.

Masjid ini memang memiliki konsep dan filosofi Islam, terinspirasi oleh Kabah yang merupakan lambang kesucian umat muslim di seluruh dunia. Kabah adalah bangunan sederhana namun memiliki makna agung.

4. Masjid Ceng Ho, Surabaya

Sumber detikcom/ist

Masjid Cheng Ho Surabaya dibangun oleh para pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Pembangunan masjid ini dibuat mirip seperti klenteng sebagai wujud penghormatan sosok laksamana Cheng Ho yang membawa misi perdamaian dan seorang muslim yang taat beribadah. Dan, membuat monumental catatan dan fakta perjalanan sejarah sebagai bahariwan muslim yang terkenal dan terpuji.

Bangunan Masjid Cheng Ho ini faktanya banyak tersebar di perkotaan Indonesia. Pada tahun 2002, Masjid Cheng Ho yang paling awal berdiri di Surabaya.

5. Masjid Perahu Nabi Nuh, Semarang

Sumber liputan6.com/ist

Masjid yang dibangun sejak pertengahan tahun 2015 itu memang menarik karena temboknya dilukis menyerupai kayu. Bahkan terdapat jendela berbentuk lingkaran khas kapal. Bentuk kapalnya mengambil model dasar dari kapal Nabi Nuh. Masjid ini terletak di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Bangunan masjid milik Yayasan Safinatun Najaat, Pekalongan itu memiliki 3 lantai dan sudah mulai difungsikan lantai 1 dan 2. Lantai pertama untuk aula dan kini ada pengobatan alternatif setiap hari Sabtu, Minggu, Senin, dan Selasa oleh Habib Sholeh Bin Ali Bin Yahya.

Rwd/Jhn

Previous articleGofar Hilman Tersangdung Kasus Pelecehan Seksual, Begini Klarifikasinya
Next articleIni Ciri-Ciri Paspor Dinyatakan Rusak