pemandangan gunung sumbing

Travelista – Apa kamu adalah pecinta alam yang senang mendaki gunung? Jika iya, pastinya kamu juga masih memiliki gunung favorit lainnya yang ingin kamu jelajahi – termasuk gunung tertinggi di Indonesia ini.

Berikut daftar gunung tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya

Kita semua tentu tau jika posisi pertama diduduki oleh Puncak Jaya atau yang sering disebut Carstensz Pyramid. Gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki ketinggian 4,884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sebenarnya, Carstensz sudah ditentukan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan menjadi salah satu gunung dengan puncak tertinggi dari 7 benua di dunia.

2. Puncak Soekarno

Selain Carstensz Piramida dengan Puncak Jayanya, daerah Papua juga memiliki tiga puncak lain di Taman Nasional Lorenzt, yaitu Puncak Soekarno dengan 4,862 mdpl, Cartenzs Timur dengan 4840 mdpl, dan Puncak Puncak Soemantri dengan 4808 mdpl. Akan tetapi, untuk menjelajah kawasan ini juga tidak mudah, sebaiknya Anda harus turunkan salju juga saat melakukan pendakian.

3. Puncak Mandala

Masih dikawasan Papua, masih ada gunung tertinggi di Indonesia yang lain yaitu puncak Mandala. Gunung ini memiliki ketinggian 4.760 mdpl yang puncaknya membentuk bagian Pegunungan Bintang dekat perbatasan Papua Nugini. Cuaca di gunung ini cukup berbahaya, karena sangat dingin, bahkan sebagian besar puncaknya diselimuti oleh salju.

4. Puncak Trikora

Di zaman Belanda, gunung ini diberi nama Wilhelminatop. Akan tetapi, sekarang kita mengenalnya dengan Puncak Trikora atau yag biasa disebut dengan Ettiakup. Lokasinya berada di Papua sebelah barat dengan ketinggian 4,751 mdpl. Selain itu, di kawasan puncak ini juga terdapat Hutan Ericaceous, Hutan Montane dan Hutan Dipterokarp.

5. Gunung Kerinci

Gunung Posisi di Gunung Kerinci. Gunung yang terletak di Jambi Sumatra Barat ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Saat mendaki Kerinci, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kota Jambi, Padang, dan Bengkulu yang indah banget. Terbukti saat ini, gunung ini masih menjadi salah satu gunung yang disukai untuk jelajah. Namun kamu juga harus siap dengan jalurnya karena cukup berat.

Travelista.id

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here