Suasana Jalanan Palmerah,r Source RepublikOnline.com

Travelista – Warga Indonesia yang bekerja di Jakarta, pasti kalian tidak asing lagi dengan namannya Palmerah. Namun, kalian tahu engga sih, kenapa dinamakan Palmerah? 

Daerah Palmerah sendiri memang sering disebut oleh sebagian masyarakat karena letak geografisnya juga yang boleh dibilang cukup strategis. Keberadaan Stasiun Palmerah di sana juga memperkuat ketenaran dari wilayah tersebut.

Nama Palmerah sendiri kerap dipakai untuk nama Kecamatan serta salah satu kelurahan di Kota Jakarta Barat. Jika menilik kebelakang, ternyata pengambilan nama Palmerah sendiri didasari oleh salah satu nama pohon khas yang ada di wilayah tersebut.

Baca juga : Asal Usul Dinamakan Grogol, Ini Ceritanya?

Wali Kota Jakarta Barat menyatakan, jika asal usul nama Palmerah diambil dari nama pohon palem merah yang kemudian disingkat perkataanya dari palem merah menjadi Palmerah.

Baca juga : Terkuak! Jadi Ini Alasan di Balik Nama Jalan Daan Mogot

“Palem merah itu memang tanaman khas Jakarta pohonnya juga boleh dikatakan sangat cantik dan itu lebih kepada jenis tanaman hiasan kemudian ini di wilayah Kecamatan Palmerah,” ujar Zen di Kantor Kecamatan Palmerah saat melakukan kegiatan penanaman pohon.

“Karena dulu memang daerah sini dekat dengan Rawa Belong mungkin dulu populernya dulu paling banyak palem merah,” tambahnya.

Dalam kegiatan itu, kurang lebih ada enam buah pohon palem merah yang ditanam di halaman Kantor Kecamatan Palmerah. Kegiatan ini sendiri, merupakan bentuk program dari instruksi Gubernur DKI Jakarta tentang penanam pohon dan tanaman khas Jakarta.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan pohon dan tanaman khas agar tidak punah dan juga mengajarkan generasi penerus guna mengenal dengan tanaman khas daerahnya,” tutup Zen.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here