Travelista – Apa yang terlintas di benak sobat Travelista ketika mendengar Afrika? Sudah pasti hamparan savana luas dengan keanekaragaman hewannya. Memang pesona Afrika begitu memikat hati ketika pertama kali melihatnya. Bagaimana tidak, dengan hamparan padang rumput luas yang dihuni bermacam-macam satwa menarik kita untuk mengunjunginya.

Namun apa mau dikata, untuk pergi ke benua hitam memerlukan banyak persiapan, terutama soal biaya. Kendati demikian, jangan risau, ternyata di Indonesia sobat Travelista bisa loh merasakan sensasi mengunjungi Afrika. Gak percaya? Yuk simak buktinya di bawah ini!

Namanya adalah Taman Nasional Baluran, kawasan ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Taman Nasional Baluran ini berada di antara Selat Madura dan Selat Bali. Di tengah area ini terdapat gunung berapi Baluran yang sudah tidak aktif lagi.

Jika sobat Travelista sedang menyambangi Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mampir ke Baluran. Di sini sobat bisa merasakan sensasi berada di tengah alam liar Afrika. Hewan-hewan ini dilepas liarkan dan kita bisa melihatnya berlari-lari bebas ke sana ke mari.

Butuh perjuangan ekstra bila sobat Travelista ingin singgah di tempat ini. Pasalnya kita harus memasuki jalan tanah yang agak rusak selama 40 sampai dengan 1 jam perjalanan. Namun perjuangan tersebut langsung terbayarkan ketika kita berada di Afrikanya Indonesia. Kita akan disuguhi pemandangan cantik ketika melihat padang savana dari kejauhan.

Berbeda dengan Taman Nasional kebanyakan di Tanah Air yang didominasi dengan lebatnya pepohonan hutan, Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Waktu yang pas untuk menyambangi Baluran adalah sekitar bulan Juli – Agustus, karena pada saat itu musim kemarau di mana air di hutan kering, dan rumput berwarna kuning. Pada momen ini, banyak satwa penghuni Taman Nasional, seperti rusa, banteng, dan burung merak akan keluar dari hutan untuk mencari minum karena pihak Taman Nasional menyediakan air dan kubangan.

Berikut adalah bukti-bukti jika Taman Nasional Baluran merupakan Afrikanya Indonesia:

Hamparan padang rumput yang luas seakan nampak seperti Afrika banget!

Hasil gambar untuk baluran

Kumpulan kijang yang sedang mencari makan

Hasil gambar untuk baluran

Jika sobat beruntung maka bisa bertemu burung merak

Hasil gambar untuk baluran

Tunggu apa lagi sobat Travelista, kemas carrier mu, yuk meluncur ke Taman Nasional Baluran!

Travelista.id

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here