Pas banget bagi yang suka traveling!

Travelista – Indonesia sebagai negara yang memiliki tropis, dimana memiliki kualitas tanah subur. Tak heran tumbuhan apa saja bisa tumbuh disini, contohnya pohon kelapa banyak ditemui di hampir berbagai daerah Indonesia. Apalagi jika kalian pergi ke daerah pantai, tidak susah menemukannya.

Pohon yang banyak sekali manfaat dan khasiatnya mulai dari akar, daun bahkan buahnya sendiri. Menurut pakar kesehatan buah kelapa mengandung bahan alami yang memberikan hasil positif ke dalam tubuh kita, sebab memiliki kalori rendah dan jumlah potasium yang berlebih.

BACA JUGA : Karimun Jawa, Pesona Surga di Selat Jawa!

Semakin banyak mengkonsumsi air kelapa, semakin sehat dan segar bugar. Apalagi bagi sobat Travelista yang gemar traveling sering-sering aja sebelum memulai aktivitas minum air kelapa dulu. Harga dari satu buah kelapa pun relatif terjangkau mulai dari 8 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah saja.

Khasiat dan manfaatnya banyak sekali bagi tubuh manusia, penasaran apa saja? Yuk simak beberapa penjelasan manfaat air kelapa yang berhasil Travelista rangkum :

BACA JUGA : Perdebatan! Bolehkah Orang Hamil Mendaki?

1. Menghilangkan Dehidrasi

Image result for menghilangkan dehidrasi
sumber foto : hallosehat.com

Mendaki gunung sangat banyak menghabiskan tenaga, rasa haus dan lapar sudah biasa dirasakan. Untuk menghilangkan dehidrasi berlebihan ketika mendaki, biasanya para pendaki meminum air kelapa dengan cukup. Bisa mengambil langsung saat berada di rute pendakian bisa juga pendaki membawa amunisi air kelapa.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Image result for menghilangkan dehidrasi
sumber foto : superadventure.co.id

Ketika traveling apalagi mendaki gunung, pasti membutuhkan tenaga dan kondisi badan yang fit. Usahakan meminum segelas air kelapa sebelum traveling, manfaat yang didapat dari air kelapa sendiri membenntuk peningkatan imun secara alami dan kekebalan tubuh terhadap aktivitas berat.

3. Antioksidan

Image result for antioksidan air kelapa
sumber foto : alodokter.com

Air kelapa sebagai antioksidan untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Ternyata benar dan sudah dibuktikan kebenarannya. Menangkis radikal bebas yang masuk, lalu memberi kekebalan tubuh sesuai yang dibutuhkan.

4. Untuk Pencernaan

Image result for air kelapa untuk pencernaan
sumber foto : parenting.co.id

Terkadang bila seseorang sehabis mendaki gunung mengalami kesulitan pencernaan akibat terkurasnya energi dan kurang asupan suplai makanan ke dalam tubuh. Cara jitu yang dilakukan meminum air kelapa, manfaatnya lagi terdapat serat yang baik bagi tubuh manusia.

5. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Image result for mengurangi tekanan darah tinggi air kelapa
sumber foto : honestdocs.id

Menetralisir tekanan darah untuk menjadi normal perlu dilakukan, air kelapa memiliki elektrolit yang bisa menaikan tekanan darah yang tinggi menjadi normal. Bahkan tekanan darah yang rendah bisa meningkat seperti semula kala.

6. Mencegah Penuaan Dini

Image result for mencegah penuaan dini air kelapa
sumber foto : wowkeren.com

Air kelapa mengandung kandungan lemak jenuh yang disebut likotin atau asam laurat dan baik bagi tubuh. Zat yang terkandung dalam air kelapa mencegah segala bentuk penuaan dini pada wajah, membuat awet muda serta menyeimbangkan PH pada kulit manusia.

7. Menyembuhkan Batu Ginjal

Image result for batu ginjal air kelapa
sumber foto : intisari.id

Untuk beberapa orang percaya bahwa batu ginjal bisa sembuh dengan meminum air kelapa. Namun para dokter menolak bantahan tersebut, karena batu ginjal sendiri bisa disembuhkan tidak hanya dengan air kelapa saja, tetapi meminum air putih biasa juga bisa. Sebaiknya di seimbankan saja antara air putih biasa dan air kelapa, sama-sama punya manfaat yang baik.

8. Baik Untuk Ibu Hamil

Image result for ibu hamil air kelapa
sumber foto : tribunnews.com

Konon, jika anaknya ingin putih dan bersih disarankan meminum air kelapa. Hal itu memang benar adanya karena air kelapa mengandung senyawa yang membuat ibu hamil sering buang air kecil, dari air kecil tersebut menghindari infeksi saluran kemih.

9. Untuk Kesehatan Kulit

Related image
sumber foto : beautynesia.id

Memberikan kelembapan alami dan meningkatkan kandungan lipid pada kulit membuat kita makin percaya diri. Air kelapa dipercaya menjadi alternatif pengobatan yang ampuh.

10. Kontrol Diabetes

Image result for kontrol diabetes air kelapa
sumber foto : popmama.com

Treatment yang dilakukan dokter kepada pasien yang terkena diabetes adalah mengkosumsi air kelapa 2 hari sekali. Hal ini mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh dan menyaring gula jahat yang ada.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Image result for kesehatan jantung air kelapa
sumber foto : tribunnews.com

Seperti diketahui banyak orang, air kelapa banyak mengandung kalium dan magnesium yang bagus. Sehingga kesehatan jantung bisa terjaga sebagai mana mestinya apabila rutin mengkonsumsi air kelapa.

12. Menurunkan Berat Badan

Image result for berat badan air kelapa
sumber foto : yoganeka.com

Kebanyakn orang diet mencoba air kelapa sehabis melakukan aktivitas olahraga. Pola makan dijaga dan konsumsi asupan air yang baik adalah air kelapa. Dipercaya mengandung serat sehingga mudah mencerna makanan dengan baik.

Air alami dari tumbuhan ciptaan sang kuasa memberikan manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Bisa digunakan untuk tubuh kita menjadi sehat dan alami. Yang perlu diperhatikan saran dari tim Travelista sebelum melakukan traveling kemanapun usahakan minum minimal segelas air kelapa karena penting untuk menunjang kesehatan agar traveling kita menyenangkan. Semoga bermanfaat ya sobat.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here