Kue Klepon, Source Youtobe.com

Gerobak Dibalutin Sound Besar jadi Ciri Khas Pedagang Getuk Lindri

Travelista – Jajanan tidak bisa lepas dari lidah masyarakat indonesia, siapa yang tidak suka ngemil cemilan atau sekedar ngopi bareng teman teman sambil menikmati aneka jenis jajanan kering maupun basah. Pastinya seru bukan?

Namun belakangan ini perkembangan jajanan pasar tradisional semakin hari semakin tergerus dengan aneka jajanan modern yang sangat bervariatif. Bahkan jajanan ala Eropa, Asia, hingga timur tengah meramaikan bisnis kuliner di indonesia. Dari mulai aneka kue kering hingga kue basah hingga aneka minuman coffee turut menghiasi industri kuliner di Indonesia.

Baca juga : Jajanan di Tangerang yang Sebaiknya Jangan Dicoba

Jajanan ala eropa seperti crepes yang tengah digandrungi bakal kalian temui dengan mudah diberbagai kedai atau pusat perbelanjaan di kota kota besar, jajanan yang tengah digandrungi oleh kaum milenial ini mampu menggeser kue kue tradisional khas indonesia atau khas daerah masing masing.

Sebut saja jajanan khas betawi kerak telor yang mulai tidak banyak dilirik oleh kaum milenial, selain makanan beberapa aneka minuman tradisional juga sudah mulai ditinggalkan oleh aneka minuman coffe, salah satunya minuman merk chatime. Lalu bagaimana dengan aneka jajanan lainnya yang sudah mulai punah? berikut beberapa jajanan yang sudah mulai menghilang.

1. Putu

Kue Putu, Source Berwirausaha.net

anak 90 an pasti tahu kue yang satu ini, kue yang berwarna hijau dan berbentuk agak lonjong ini menjadi jajanan favorit pada masanya. Kue yang disajikan dengan cara dikukus ini sangat mudah ditemukan di sekolah, maupun pinggir jalan. Kemudian dari harganya pun, kalian hanya menyiapkan Rp 4000,- per porsinya.

2. Getuk Lindri

Getuk Lindri, Sajiansedap.grid.id

Makanan satu ini pasti kalian sudah sangat familiar, ya benar Getuk Lindri, terbuat dari ketela pohon atau singkong dan berbentuk kotak. Hampir disetiap kota, getuk lindri cukup terkenal bagi masyarakat jawa tengah dan jawa timur. Bahkan diseluruh kota hampir mengetahui makanan ini. Namun, seiring berjalannya waktu makanan khas jawa ini hilang dan pada akhirnya jajanan ini muncul hanya di event event daerah saja.

Baca juga : Ini Dia Kue Tolak Bala Khas Indramayu

Terlepas dari segi makanannya yang enak, harga yang dipatok dari getuk lindri ini hanya Rp 5000,- per porsinya. Kemudian ada hal unik dari dagangan ini yakni, cara mereka menarik para pelanggannya, dengan gerobak pedah dan dibalutin sound besar.

3 .Es Goyang

Es Goyang Betawi, Source Travel.Tempo.co

Dan yang terakhir adalah Es goyang, kenapa es ini dinamakan es goyang karena cara pembuatannya yang dikayuh dan di goyang goyangkan oleh penjualnya, es stik yang dilumuri coklat diluar ini sangat special karena harganya hanya Rp 2000,- namun cita rasanya tidak kalah dengan minuman atau ice cream saat ini.

Jika Putu dan getuk lindri mungkin masih bisa dijumpai dibeberapa tempat maaupun kota, namun Es goyang sangat sulit didapatkan, untuk itu bagi kalian yang rindu makan es goyang tidak ada salahnya kalian coba membuat sendiri dirumah.

Travelista.id

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here