Indahnya bukan main sobat!

Travelista – Ende, sebuah kabupaten di wilayah Provinsi NTT yang menyimpan harta dunia wisata yang menakjubkan. Ende diselimuti oleh tiga gunung nan eksotis, yaitu Gunung Meja, Gunung Iya, dan Gunung Wongge.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, Ende bukan hanya memiliki kekayaan wisata alam yang elok namun juga ragam wisata sejarah dan budaya yang menarik.

Ende bahkan pernah menjadi tempat pengasingan Presiden Soekarno di masa penjajahan. Untuk agenda liburan yang menyenangkan, berikut adalah 11 tempat wisata di Kabupaten Ende paling hits dikunjungi.

1. Danau Kelimutu

Wisata Hits Danau Kelimutu Ende NTT
Photo by @leonardoprimus

Danau Kelimutu menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Ende yang banyak menarik perhatian wisatawan. Danau tiga warna yang begitu eksotis di puncak Gunung Kelimutu ini konon memiliki arti warna yang berbeda dengan nuansa mistis yang menyelimutinya.

Lokasi: Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT.

2. Pantai Batu Cincin

Wisata Hits Pantai Batu Cincin Ende NTT
Photo by @galihpangestu91

Pantai ini oleh warga sekitar lebih dikenal dengan nama Watu Pere atau Batu yang menyerupai pintu. Sebuah tebing berongga yang dihempas alunan ombak menjadi sajian alam yang begitu indah. Akses jalan yang lumayan sulit tidak akan sia-sia karena pemandangan di pantai sangat menakjubkan dan penuh keromantisan.

Lokasi: Raporendu, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, NTT.

3. Pantai Batu Biru

Wisata Hits Pantai Batu Biru Ende NTT
Photo by @charles_sinlae

Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan pemandangan pantainya yang indah membuat pantai ini sangat menarik untuk disinggahi. Hamparan batu bernuansa biru hijau di sepanjang garis pantai terlihat sangat menawan dengan keunikan warna dan bentuknya yang beragam.

Lokasi: Desa Penggajawa, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, NTT.

4. Pantai Ena Bara Maurole

Wisata Hits Pantai Ena Bara Maurole Ende NTT
Photo by @_shallii_

Eksotis, sebuah kata yang bisa mewakili keindahan di panta berpasir putih ini. Air lautnya begitu jernih dengan paduan warna biru dan hijau tosca yang begitu menggoda. Dari kejauhan, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Pulau Palu’e dan Gunung Rokatenda.

Lokasi:  Boawae, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT.

5. Pantai Mbu’u

Wisata Hits Pantai Mbuu Ende NTT
Photo by @mitsnain

Hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Ende, panta Mbu’u menyajikan pesona alam yang tak kalah menawan. Tempat ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk menikmati sunrise di pagi hari.

Lokasi: Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, NTT.

6. Pantai Ria Ende

Wisata Hits Pantai Ria Ende NTT
Photo by @evifania09

Hanya berjarak sekitar 0,5 km dari pusat Kota Ende, Pantai Ria Ende mengajak wisatawan untuk bersantai menikmati keindahan pantai sekaligus menyaksikan aktifitas para nelayan yang sangat menarik.

Lokasi: Kelurahan Kotaratu, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, NTT.

7. Air Terjun Murundao Ende

Wisata Hits Air Terjun Murundao Ende NTT
Photo by @ttt_thetraveltales

Air terjun yang sangat jernih dan alami ini menawarkan sensasi liburan yang sangat menenangkan.  Aliran air terjun yang jatuh ke kolam cukup menggoda untuk dinikmati kesegarannya. Masih di lokasi yang sama, wisatawan juga bisa menemukan sumber air panas yang mengandung belerang, dijamin liburan akan semakin menyenangkan.

Lokasi: Moni, Desa Koanara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT.

8. Air Terjun Kede Bodu

Wisata Hits Air Terjun Kede Bodu Ende NTT
Photo by @uncle_oneto

Selain airnya yang jernih dan segar, pemandangan di sekitar air terjun juga tak kalah cantik dengan hijaunya pepohonan dan kicauan burung yang bersahutan. Semua berpadu dengan gemerecik air yang mengalir sehingga menjadi simphony alam yang indah untuk didengar.

Lokasi: Desa Kede Bodu, Ende Timur, Kabupaten Ende, NTT.

9. Bukit Cinta Ende

Wisata Hits Bukit Cinta Ende NTT
Photo by @sisivr43

Penduduk sekitar mengenal bukit ini dengan sebutan Tengu Manu, sebuah bukit dengan pemandangan indah di puncaknya. Dari atas ketinggian wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Ende, lautan nan biru dan bukit-bukit hijau yang memanjakan mata.

Lokasi: Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, NTT.

10. Kampung Adat Saga

Wisata Hits Kampung Adat Saga Ende NTT
Photo by @andri_yuni

Terletak di kaki Bukit Wolomasi, Kampung Adat Saga masih memegang erat tradisi dan budaya yang telah diwariskan secara turun temurun. Kampung ini juga memiliki bangunan tradisional khas dengan design unik yang disebut sa’o.

Lokasi: Kampung Saga, Kabupaten Ende, NTT.

Bagaimana sobat Travelista tertarik bukan? Semoga bermanfaat.

Previous articleIni Bedanya Melayu dengan Minang
Next articleLima Warung Jakarta yang Wajib Dikunjungi