Bus Malam, Sumber Brilio.net

Travelista – Bus merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat luas. Selain kereta api, bus menjadi pilihan favorit masyarakat untuk bepergian dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Saat ini, banyak sekali dijumpai bus-bus seperti bus malam yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga membuat penumpang merasa nyaman. Tidak heran, kerap ditemukan bus malam yang memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti adanya bantal, selimut dan toilet.

Baca

Selain banyak dijumpai dan mudah didapatkan, bus malam masih menjadi transportasi favorit karena harga tiketnya yang masih terjangkau. Tidak dapat dipungkiri memang, keberadaan bus malam sangat membantu masyarakat untuk melakukan perjalanan ke suatu tujuan.

Apalagi bila tempat yang dituju sulit diakses oleh kereta atau pesawat. Bus malam bisa menjadi pilihan satu-satunya untuk menuju ke sana.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon penumpang sebelum pergi menggunakan bus malam. Berikut ulasannya.

1. Beli Tiket di Agen Resmi

Bila Anda menjadi pelanggan bus malam atau bus antar kota antar provinsi (akap) tentu memiliki agen langganan sendiri. Tapi untuk pemula harus ekstra waspada karena di terminal biasanya banyak calo tiket yang menawarkan harga lebih tinggi dari harga resmi agen.

Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa langsung datang ke loket agen yang disediakan. Jika ada orang yang menghampiri Anda untuk menawarkan tiket, lebih baik diabaikan saja.

2. Perhatikan Barang Bawaan

Bagi Anda yang ingin naik bus terutama bus malam, sebaiknya harus ekstra waspada terhadap barang bawaan. Di bus malam, biasanya barang besar seperti tas dan koper akan di letakkan di bagasi bus. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, baiknya barang berharga jangan ditaruh di koper atau tas.

Selain itu, jika Anda membawa barang pecah belah atau makanan yang mudah remuk, sebaiknya di kardus atau tas ditempelkan kertas dengan tulisan “barang pecah belah”.

Jika ingin lebih aman lagi, Anda bisa meminta ke crew bus untuk menaruh barang tersebut di bagian bagasi paling dalan agar tidak tertumpuk barang penumpang lainnya.

3. Bawa Tas Kecil

Apabila Sobat Mojou ingin bepergian dengan bus malam, sebaiknya gunakanlah dua jenis tas. Tas pertama berupa ransel atau koper yang dapat digunakan untuk membawa barang. Tas yang kedua yaitu berupa tas kecil atau selempang yang dapat digunakan untuk menyimpan uang atau benda berharga.

Tas kecil itu juga berguna agar Sobat Mojou mudah untuk mengeluarkan uang. Jadi, ketika Anda ingin membayar sesuatu tidak perlu susah-susah untuk merogoh ransel. Cukup dengan membuka resleting tas kecil saja.

4. Bawa makanan

Ketahuilah Sobat Mojou, bus malam tidak seperti kereta api yang menjual makanan di perjalanan. Jadi, bagi Sobat Mojou yang kelaparan di tengah perjalanan dan tidak membawa makan, harus siap-siap untuk menahan lapar.

Dalam perjalanannya bus biasa akan berhenti di waktu tertentu dan tempat tertentu seperti restoran untuk beristirahat. Di kesempatan itu, Sobat Mojou bisa menyempatkan diri untuk sekadar ke toilet, makan, maupun membeli makan untuk bekal di dalam bus.

5. Hemat Baterai

Masih banyak bus malam yang tidak menyediakan stop kontak. Jadi Anda harus menghemat baterai selama perjalanan. Sebaiknya, Anda membawa power bank untuk jaga-jaga apabila baterai habis. Dengan adanya power bank, Anda tidak usah khawatir untuk kehabisan baterai.

Travelista.id

Previous articleIni Pertolongan Pertama Saat Diare di Perjalanan
Next article5 Kisah Horor Terpopuler di Indonesia! (Dijamin Merinding)