Travelista – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dari bulan Januari hingga saat ini terus menurun.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa Yunita Rusanti di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin (2/3).

Menurutnya, jumlah pertemuan wisman pada Januari 2020 pertemuan sebesar 1,27 juta orang. Itu berarti dibandingkan dengan Desember 2019 jumlah pengunjung menurun sebesar 7,62 persen.

“Pada Januari 2020, jumlah kunjungan wisman detailnya adalah 1,27 juta orang,” jelas Yunita pada Senin (2/3).

Lebih lanjut, Yunita menjelaskan tentang para wisman yang datang ke Indonesia diperiksa oleh warga Malaysia dan Cina. Dengan jumlah wisatawan asal Malaysia sebanyak 206 ribu orang dan wisman asal Tiongkok sebanyak 181,3 ribu orang.

Selebihnya, para wisman yang berkunjung ke Indonesia mengunjungi dari negara tetangga seperti Singapura, Australia, Timor Leste dan masih banyak lainnya.

Terkait virus korona yang menjadi faktor menurunnya jumlah kunjungan wisman ke Indonesia, Yunita mengatakan pengaruh ini terhadap sektor pariwisata Indonesia baru terlihat pada Januari akhir.

“Dampak corona itu kelihatan signifikan di minggu terakhir,” paparnya.

Hal ini dapat terasa karena pada Januari Ada momentum perayaan Imlek yang biasa digunakan oleh wisman asal Tiongkok untuk berlibur.

Namun hari libur Imlek kemarin malah terjadi penurunan kedatangan wisman akibat menyebarnya virus corona di beberapa negara dunia.

Previous articleHati-Hati, 5 Penyakit Ini Saat Traveling
Next articleKetua Gugus Tugas Berharap Masyarakat untuk ikut Bantu Penyebaran Covid-19