Travelista – Setelah Pemprov DKI tetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar tak menghalangi umat Hindu di Jakarta Timur (Jaktim) rayakangan sembahyang Gulungan. Mereka melakukan ibadah itu dengan protokol kesehatan.

Salah satu pura yang menyelenggarakan sembahyang bersama dengan protokol kesehatan adalah Pura Aditya Jaya di Rawamangun, Jakarta Timur. Dari pantauan Travelista di lokasi, Rabu (16/9/2020), jumlah orang yang datang tak sepadat pada hari raya Galungan di bulan Februari 2020.

Sebelum memulai sembahyang bersama, Pinandita Pura Aditya Jaya juga mengingatkan peserta sembahyang Galungan untuk tetap menaati protokol kesehatan.

Ingat aturan mencuci tangan, menggunakan masker dengan benar yaitu menutupi mulut dan hidung dan jaga jarak. Duduk di tempat yang tidak ada tanda silangnya,” dia mengimbau melalui pengeras suara

Setelah itu, sembahyang dimulai seperti biasa. Tapi bedanya, kali ini umat diajak untuk hening … sambil mendoakan agar semua selamat dari COVID-19.

Kendati Anugerahnya lebih sepi dari biasanya, umat yang datang tetap khusyuk merapalkan doa. Tak lupa juga memaknai Galungan yaitu sebagai hari kemenangan dharma (peringatan) melawan adharma (keburukan).

Hari raya Gulungan diperingati setiap 210 hari sekali pada Rabu Kliwon Wuku Dungulan, menurut kalender Bali. Perayaan Galungan akan terus berlanjut hingga hari ke-10 yang diperingati sebagai hari raya Kuningan

Previous articleKejagung Limpahkan Berkas Jaksa Pinangki ke Jaksa Penuntut di Kejari Jakpus
Next articlePSBB Jilid II, Berikut Daftar Wisata yang Tutup di Jakarta