Perlu Tingkat Kewaspadaan Ekstra Jika Kalian Lewati Tanjakan Sitinjau Laut,  Padang
Foto : news.koropak.go.id

Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi yang menurut Penulis topografinya sangat indah. Mulai dari dataran rendah yang membentang pesisir barat hingga bukit – bukit bergelombang yang membentang pada gugusan Pegunungan Bukit Barisan. Karena topografi tersebut beberapa jalan antar Provinsi yang berada di Wilayah Sumatera Barat cukup berliku serta menanjak dan menurun saking banyaknya perbukitan yang berada di Wilayah tersebut.

Tikungan Sitinjau Lauik, Tempat Panen Jutaan Rupiah per Bulan
Sumber Foto : solopos.com


Salah satu tikungan menanjak yang cukup fenomenal di Wilayah Provinsi Sumatera Barat adalah Sitinjau Lauik, Yang berarti meninjau laut. Seperti apa tikungan ini? Mari Kita Bahas

Sitinjau Lauik adalah julukan tikungan yang berada di Jalan lintas Kota Padang – Solok. Karena ini Salah satu Jalur utama yang berada di Sumatera Barat, maka Jalan Raya tersebut selalu padat setiap harinya.

Tentang “meninjau laut” , ternyata benar kita bisa melihat lautan dari tikungan ini serta Kota Padang yang berada di bawah Bukit.

Traveling Bersama Aswir dan Warsito: MENYUSURI SI TINJAU LAUIK DARI SOLOK  KE PADANG
Sumber Foto : Pemandangantop30.blogspot.com


Jalan Raya ini masih memiliki Pepohonan yang sangat rindang dan suasana yang sangat sejuk sehingga Para Pengemudi yang melewati jalur ini Pertama kali sangat takjub karena melihat keindahan suasana sekitar tikungan ini.

Mengintip Sitinjau Lauik, Tikungan Maut di Sumatera Barat
Foto : news.koropak.go.id


Namun bagi Pengendara Bus dan truk yang bermuatan besar akan sulit melewati, dan akan ada ancaman kecelakaan karena tikungan ini cukup tajam hingga membentuk kemiringan 30 derajat. Maka dari itu sebelum melakukan Perjalanan Padang – Solok ada baiknya kita memeriksa kendaraan kita, apakah rem masih bagus atau sudah kurang bagus, Karena tikungan ini sangat rawan kecelakaan.

Tapi jangan khawatir !, ada Tim PKJR (Pos Kamling Jalan Raya) yang siap memandu para pengemudi untuk melewati tikungan ini. Biasanya Tim PKJR selalu memandu kendaraan – kendaraan besar seperti Bus atau Truk – truk bermuatan besar atau banyak, yang dilakukan biasanya mengganjal ban jika muatan di dalam truk sangat banyak atau sekedar memandu maju – mundurnya kendaraan.

Gerombolan "Baruek" Masih Terus Teror Pengendara Di Kawasan Hutan  Solok-Padang | Jarbatnews
Sumber Foto : jarbatnews.com


Ada juga Penunggu tikungan ini, tapi bukan berbentuk Makhluk halus melainkan monyet – monyet liar yang berkeliaran di area tikungan ini, dan monyetnya juga cukup banyak. Teman – teman yang mau melewati rute ini agar tetap berhati-hati ya !

Previous articleCatat! di Akhir Tahun Ini Ada Tiga Kejadian Astronomi
Next articleGirlband Aespa Curi Prestasi Dalam Waktu Singkat di Billboard Global 200