Travelista – Air mata duka menyelimuti tanah air tercinta. Sang Bapak Teknologi, BJ Habibie telah menghelakan nafas terakhirnya pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB, di RSAD Gatot Subroto, Jakarta. Beliau meninggal dunia pada usia 83 tahun.

Bapak Teknologi merupakan anak keempat dari delapan bersaudara. Orang tuanya adalah pasangan Bugis-Jawa, Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Pak Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936.

Menyinggung soal kota kelahirannya, Pare-pare merupakan kota kecil yang cantik nan indah. Pare-pare merupakan salah satu wilayah yang menjadi kotamadya di provinsi Sulawesi Selatan, setelah Palopo dan Makassar.

Baca juga: Selain Desa Penari, Berikut Deretan Desa yang Bikin Ngeri (I)

Tempat kelahiran Pak Habibie ini memiliki beragam destinasi unik yang yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, serta tempat romantis yang sangat cocok untuk tempat berselfieria pun tersedia di kota ini.

Mau tau tempat wisata apa saja yang terdapat di kota Pare-pare, yuk intip destinasi pilihan yang harus Travelista kunjungi saat di Pare-pare.

1. Gunung Nepo

Sumber foto: jalanwisata.id

Ketika Travelista sedang di Pare-pare dan memiliki jiwa petualang, Gunung Nepo merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi. Kenapa? Karena Gunung Nepo memiliki pemandangan yang sungguh indah sekali.

Terletak di provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di segitiga emas (Barru, Sidrap, dan Pare-pare), via Bacukiki, kota Pare-pare, Sulawesi Selatan. Untuk masuknya pun  tidak dikenakan biaya, alias gratis. Gunung Nepo buka sepanjang hari.

2. Air Terjun Tompangnge

Sumber Foto: jalanwisata.id

Ingin merasakan sensasi segar di kota Pare-pare? Langsung meluncur ke air terjun Tompangnge. Air terjun ini terletak di kecamatan Bacukiki, kota Pare-pare, Sulawesi Selatan. Jernihnya air, dipadu dengan gagahnya batu-batu yang menjulang, air terjun Tompangnge begitu syahdu ketika dinikmati.

Untuk dapat masuk ke air terjun Tompangnge, wisatawan dikenai biaya sebesar Rp. 10.000. tunggu apa lgi Travelista, segeralah berkemas.

3. Pantai Pasir Putih Tonrangeng

Sumber foto: nyero.id

Bukan hanya soal gunung dan air terjun, di kota Pare-pare juga terdapat pantai dengan pasir putihnya Travelista. Yaps, pantai pasir putih Tonrangeng namanya. Pantai ini berada di sisi barat provinsi Sulawesi Selatan.

Karena secara geografis terletak di sisi paling barat, tak heran jika Parepare memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pasir putih dan air yang jernih membuat pantai Tonrangeng menjadi destinasi favorit wisatawan ketika mengunjungi Pare-pare.

4. Pantai Mattirotasi

Sumber foto: bolggerpare-pare.blogspot.com

Tak kalah cantik dengan pantai Tonrangeng, pantai Mattirotasi juga menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Sama seperti pantai Tonrangeng, pantai Mattirotasi juga terletak di sisi barat provinsi Sulawesi Selatan.

Pesona sunset milik pantai Mattirotasi sudah tak  terelakan lagi. Banyak wisatawan lokal yang menepi hanya untuk mengabadikan momen di sore hari.

5. Monumen Habibie dan Ainun

sumber foto: suarakarya.id

Sebagai kota kelahiran Pak Habibie, tak afdol kiranya bila kita tidak membahas Monumen Habibie dan Ainun. Monumen yang melambangkan cinta sejati antara Pak Habibie dan Bu Ainun ini kerap kali menjadi tujuan pelancong di malam hari. Ketika sang surya perlahan menghilang dan digantikan malam, sinar lampu di monumen Habibie dan Ainun sungguh indah. Monumen ini terletak di sebelah barat Lapangan Andi Makkasau, Jl Andi Isah, Kelurahan Malluse Tasi, Kecamatan Ujung Kota Parepare.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here