Travelista – Membicarakan tempat dingin, nama wajib yang kalian harus ketahui adalah Kawasan kutub. Karena tempat ini diselimuti es, salju dan perairan yang dingin.


Dilansir dari columbiatribune.com, kutub terbagi menjadi dua, Utara dan Selatan yang posisinya saling berlawanan atau dipaling ujung dari planet bumi.

“Kutub Utara berada pada 90 derajat lintang utara, dan Kutub Selatan berada pada 90 derajat lintang selatan,” kata Profesor geografi Universitas Missouri, Mike Urban, Kamis (3/12/2020).


“Anda tidak bisa pergi lebih jauh ke utara selain Kutub Utara, dan Anda tidak bisa pergi lebih jauh ke selatan selain Kutub Selatan.” sambungnya.

Karena kedua kutub terletak di ujung bumi yang berlawanan, maka musim mereka terbalik, yang berarti ketika Kutub Utara di musim panas, Kutub Selatan berada di musim dingin. Hal ini disebabkan kemiringan sumbu bumi yang konstan saat berputar mengelilingi matahari.

Selain itu perbedaan besar lainnya adalah “Kutub Selatan memiliki Antartika sebagai daratan, sedangkan Kutub Utara terletak di Samudra Arktik,”kata Urban.

Untuk diketahui, Antartika adalah benua terbesar kelima dan memiliki lapisan es yang mengandung 60 persen air tawar bumi.

Ada beberapa stasiun penelitian permanen di Antartika bagi para ilmuwan, tetapi hanya sedikit satwa liar dan tumbuhan yang dapat bertahan dalam kondisi yang keras di sana.

Urban mengatakan bahwa Antartika menerima curah hujan yang sangat sedikit, sebagian besar diklasifikasikan sebagai gurun yang dingin. Di Kutub Utara, Samudra Arktik merupakan terdingin dan memiliki lapisan bongkahan es di permukaan laut.

Hewan

Digambarkan di film atau animasi lainnya, beruang utub dan penguin hidup berdampingan, ternyata ini salah besar. Nyatanya mereka tidak hidup pada satu kawasan tetapi terpisah. Beruang kutub tinggal di Kutub Utara sedangkan Penguin tinggal di Kutub Selatan.

Penduduk

Kutub Utara memiliki penduduk sekitar 4 juta jiwa, sedangkan di Kutub Selatan tidak ada penduduk atau masyarakat yang tinggal disana. Adanya manusia di Kutub Selatan kebanyakan hanya untuk penelitian dan kepentingan dokumentasi saja

Previous articleGirlband Aespa Curi Prestasi Dalam Waktu Singkat di Billboard Global 200
Next articleTernyata Berenang di Laut Memiliki 3 Keistimewaan Ini