Travelista – Dibalik keindahan pulau seribu, ternyata pulau seribu memiliki beragam kisah-kisah mistis didalamnya. Baik cerita warga sekitar ataupun berdasarkan fakta sejarah. Dari banyak nya kisah di pulau seribu, berikut kisah mistis di pulau seribu yang ga banyak orang tahu yang telah dirangkum Travelista.

1. Pulau Onrust

Benteng di Pulau Onrust

Keindahan pulau onrust sangat menarik perhatian warga yang berkunjung ke pulau-pulau sekitar misalnya pulau bidadari, pulau cipir, dan pulau kelor. Sehingga, pulau ini kerap kali menjadi objek berfoto untuk pra wedding maupun sebagai latar belakang photography lainnya.

Pulau Onrust pun tidak jauh dari pulau jawa, pulau bidadari, pulau kelor, dan pulau cipir. Dahulu kala, di pulau inilah kapal-kapal Belanda berlabuh sebentar sebelum memasuki Batavia (Jakarta pada waktu itu).

Pulau Onrust juga merupakan salah satu pulau yang cukup bersejarah bagi bangsa Indonesia dan terkenal mistis karena pulau ini tidak terlepas dari sejarah kelam para penjajah zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Menurut penjaga pulau tersebut, sering sekali terdengar suara misterius hingga penampakan yang cukup menyeramkan.

Terkait sejarah, pulau ini sebagai tempat karantina bagi bangsa Indonesia yang baru menunaikan haji karena pemerintah Hindia-Belanda khawatir akan jemaah haji Indonesia membawa virus yang menular seperti TBC. Selain itu, pemerintah Hindia-Belanda khawatir jika para jamaah haji membawa pengaruh buruk bagi pihak Belanda.

Pada tahun 1933, pulau Onrust beralih fungsi menjadi tempat tahanan bagi para pemberontak dan orang-orang yang dianggap berpengaruh bagi warga Indonesia. Kemudian pada masa pemerintahan Jepang pulau onrust dijadikan tempat eksekusi bagi para tawanan yang melanggar serta berkhianat pada kekaisaran jepang. Hal ini terbukti akan adanya makam kuni yang tidak memiliki nama di pulau ini.

Noni Belanda menjadi momok pulau ini, legenda noni belanda yaitu hantu Maria Van de Velde. Makhluk yang sering menampakan diri menggunakan busana khas Belanda. Menurut kisah diceritakan sebelum kematiannya ia kecewa karena pada hari pernikahannya sang kekasih tidak kunjung datang, karena pernikahan tersebut tidak disetujui oleh orang tuanya dengan diikutsertakan oleh orang tuanya kedalam pasukan militer Belanda agar ia tewas.

Peristiwa itu membuat Maria menunggu sang calon suami kemudian setelah mengetahui calon suaminya telah meninggal lebih dahulu ia kecewa dan akhirnya bunuh diri kemudian dikuburkan lengkap dengan baju pengantinnya di pulau ini.

Kuburan Maria ini kemudian dijadikan sebagai salah satu kuburan Belanda yang keramat karena disekitar kuburan ini pada malam hari sering muncul sosok hanntu Maria dan tentara zaman Belanda.

2. Pulau Cipir

Bekas rumah sakit di Pulau Cipir

Tidak jauh dari pulau onrust terdapat pulau cipir, pulau kecil yang juga memiliki suasana mistis. Di Pulau Cipir terdapat bangunan tua yang dulunya dijadikan sebagai lokasi karantina para jemaah haji yang terjangkit penyakit menular. Suasana mistis pada rumah sakit ini dikarenakan kondisi bangunan dan warna gelap yang dipenuhi oleh tumbuhan liar sehingga membuat bekas rumah sakit ini terasa semakin mistis.

Bergeser sedikit dari bangunan tersebut, terdapat rumah singgah yang sejak zaman dulu masih berdiri kokoh. Jika kamu merasa pemberani, cobain deh sensasi masuk ke dalam bangunan tersebut.

3. Pulau Pari

Pulau yang terletak di gugus barat kepulauan seribu ini memiliki pantai dengan pasir putihnya yang indah, pantai perawan.

Banyak orang yang mengira disebut pantai perawan dikarenakan pantainya yang masih asri belum disentuh manusia. Namun menurut warga, disebabkan oleh sering munculnya sesosok anak gadis di pantai ini.

BACA SELENGKAPNYA : SEJARAH DAN MITOS PULAU PARI

4. Pulau Edam

Makam di Pulau Edam

Pulau ini relatif jarang dikunjungi wisatawan. Pulau kecil ini memiliki bagian yang bisa membuat kamu merinding, yaitu makam Ratu Fatimah.

Singkat cerita berawal dari kisah pada tahun 1750an, konon ada seorang wanita bernama Ratu Fatimah Syarifah yang menjadi wali sultan. Ratu Fatimah ini berdasarkan kisahnya sangat dibenci oleh masyarakat pribumi. Ratu ini bekerja dibawah perintah Gubernur VOC, Baron Van Imhoff. Kisah kematian Ratu Fatimah inilah yang menjadi misteri karena di Pulau Edam ini terdapat 2 kuburan, namun masih belum diketahui yang mana yang benar-benar kuburan miliknya.

Beberapa kali dikuburan tersebut terlihat sesosok wanita namun belum diketahui pasti apakah sosok tersebut Ratu Fatimah atau bukan. Jika kalian berkunjung ke pulau ini, cobalah untuk berselfie di kuburan ini. Siapa tahu …

5. Pulau Karya

TNI DI Pulau Karya

Pulau Karya ini adalah salah satu pulau yang pada zaman dahulu dijadikan sebagai salah satu kantor pemerintahan, yakni Markas Danramil (Komando Rayon Militer) dan Markas Kepolisian Resor Kepulauan Seribu.

Berdasarkan kisah penjaga pulau, disini sering dilakukan ekspedisi atau pencarian harta karun. Kemudian, dari hasil ekspedisi ini banyak ditemukan gerabah dan hasil kerajinan tangan dari keramik dengan tulisan cina. Kerajinan tangan ini diduga merupakan salah satu peninggalan zaman kuno.

Namun, saat penggalian tak sedikit pula yang menemukan tengkorak sehingga muncul rumor bahwa zamann dahulu pulau ini merupakan kuburan cina pada zaman penjajahan. Sehingga sebelum dinamakan pulau karya, pulau ini dinamakan pulau cina.

6. Pulau Air

Keindahan Pulau Air

Pulau ini merupakan pulau kecil yang memiliki perairan seperti surga. Pulau ini dahulu sering dijadikan tempat berkemah bagi wisatawan, namun belakangan ini pulau ini tidak lagi diperbolehkan untuk berkemah.

Pada beberapa tahun terakhir banyak kejadian-kejadian aneh di pulau ini seperti pada awal tahun 2016 lalu, 2 mahasiswa asal bekasi tewas terkena ombak dipulau ini. Sebelumnya pada tahun 2013 juga 1 mahasiswa tewas terseret ombak pula di pulau air. Padahal ombak di pulau ini tidak terlalu besar.

Selain peristiwa orang meninggal karena terseret ombak tersebut, beberapa wisatawan pulau ini sering melihat sosok atau diganggu sosok aneh di pulau ini. Sehingga pengelola Pulau Air saat ini tengah menutup pulau ini dari wisatawan yang ingin berkemah. Sehingga sekarang jika mengunjungi pulau ini, kamu hanya boleh singgah hingga matahari terbenam saja.

Travelista

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here