Selain Buaya Putih, di Cisadane Juga Ada Kura-kura Raksasa

Travelista – Sungai Cisadane mempunyai berbagai cerita dari sudut pandang masyarakat berbeda. Sebagian masyarakat menyebut sungai tersebut dengan nama “Sadane”, bahasa yang berasal Sansekerta yang artinya Istana Kerajaan. Sedangkan “Ci” berasal dari bahasa Sunda yang berarti Air. Maka, Sungai Cisadane artinya Air Istana Kerajaan.

Baca juga : Wisata Mistis Indonesia yang Sebaiknya Jangan Dikunjungi (Jilid III)

Sungai yang membelah Kota Tangerang itu banyak menyimpan misteri yang belum terungkap. Akan tetapi, versi yang berbeda muncul dari budayawan Tangerang yaitu Abah Mustayah. Beliau mengatakan bahwa Cisadane berasal dari bahasa Sunda. Karena, sebelum masyarakat Tionghoa datang ke Tangerang, di sekitar Sungai Cisadane penduduknya dari suku Sunda.

Baca juga : Pengalaman Aneh dan Mistis di Gunung Sumbing – Cerita Bagian 1

Abah Mustayah juga mengungkapkan, di Sungai Cisadane tersebut pernah ada misteri buaya putih. Munculnya misteri buaya putih ini saat menjelang banjir besar akibat luapan sungai tersebut, yaitu sekitar tahun 1962.

Selain misteri buaya putih, ucap Abah, juga terdapat misteri kura-kura berukuran besar yang di punggungnya terdapat tulisan huruf Cina. “Jadi ada buaya putih, ada kura-kura raksasa yang ada tulisan huruf Cina. Itu di sekitar Pekong, yang biasa buat perayaan Pe Chun,” tutupnya yang dikutip dari beberapa sumber.

Travelista.id

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here