Travelista – Belakangan ini, publik dunia maya digegerkan oleh fenomena negeri di atas awan. Uniknya, fenomena ini terjadi di daerah Banten yang notabennya jauh dari dataran tinggi. Gunung Luhur terletak di desa Citorek, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Gunung Luhur masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Hanya tiga jam dari Jakarta, wajar rasanya jika Gunung Luhur begitu ramai dikunjungi sejak viral beberapa waktu yang lalu.

Bukannya mendapatkan pemandangan negeri di atas awan yang memanjakan mata, pengunjung malah disajikan dengan debu dan trik matahari. Parahnya lagi, sangking viralnya Gunung Luhur banyak kendaraan yang berebut masuk sehingga menimbulkan kemacetan.

Baca juga: 17+ Gaya Artis Berlibur Ke Labuan Bajo, Ayu Ting Ting Seksi Banget !

Alhasil banyak wisatawan yang kecewa karena ekspetasi mereka jauh dari realita yang ada. Namun jangan khawatir, di Indonesia ternyata banyak loh destinasi wisata yang menyuguhkan negeri di atas awan. Di mana sajakah? Berikut kami sajikan negeri di atas awan yang asli di Indonesia

1. Dataran Tinggi Dieng

Jika berbicara tentang negeri di atas awan, semua sepakan bila dataran tinggi Dieng merupakan tempat yang tepat untuk merasakan sensasi negeri di atas awan. Untuk dapat menuju dataran tinggi Dieng, wisatawan harus menempuh jarak selama kurang lebih satu jam dari Kota Wonosobo, Jawa Tengah.

Kontur jalan yang meliuk-liuk dan menanjak membuat perjalanan sedikit memakan waktu. Namun, pemandangan indah kanan dan kiri jalan cukup mengobati rasa lelah selama perjalanan. Jika sudah sampai di tugu selamat datang, maka bisa dipastikan sobat Travelista sudah sampai di negeri di atas awan.

2. Puncak B29 Lumajang

Masih di kawasan pulau Jawa, negeri di atas awan dapat ditemukan. Tepatnya terletak di Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Selain dapat merasakan sensasi negeri di atas awan, sobat Travelista juga disuguhkan dengan panorama Gunung Bromo dan momen sunrise.

Udara yang segar khas pegunungan menjadi nilai tambah kawasan puncak B29. Meski hanya berbentuk tanah lapang, namun setiap sisi menawarkan pemandangan yang memukau. Ada Gunung Batok, Bromo, Semeru, Raung, Lemongan, dan Argopuro yang menjadi daya tarik untuk dilihat.

3. Desa Mantar

Sedikit melipir ke sisi timur terdapat negeri atas awan yang tak kalah memukau, namanya Desa Mantar. Terletak di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Desa mantar di juluki sebagai negeri di atas awan. Hal ini cukup wajar, mengingat Desa Mantar terletak sekitar 630 meter di atas permukaan laut.

Tak jauh dari Desa Mantar, tepatnya di sisi barat terlihat gumpalan awan putih yang menutupi puncak Gunung Rinjani. Bukan hanya itu, di atas sini Travelista juga dapat melihat kapal-kapal penyeberangan di Pelabuhan Pototano.

4. Desa Wae Rebo Manggarai

Tak jauh dari Desa Mantar, terdapat Desa Wae Rebo Manggarai yang juga dijuluki sebagai negeri di atas awan. Berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut membuat Desa Wae Rebo seakan berada di atas awan.

Desa Wae Rebo terletak di Kabupaten Maggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Di tempat ini Travelista tak hanya disuguhkan oleh pemandangan indahnya saja, kentalnya budaya tradisional menjadi nilai tambah Desa Wae Rebo.

Tak mudah untuk dapat merasakan sensasi negeri di atas awan di Desa Wae Rebo. Sobat Travelista terlebih dahulu harus melewati perjalanan yang cukup sulit, mengingat lokasinya yang berada percis di Lembah Pegunungan.

5. Puncak Wolobobo Bajawa Flores

Ini dia vilain yang disebut-sebut sebagai negeri di atas awan Gunung Luhur Citorek. Para netizen mengira bila tempat yang sempat viral di video terdapat di Citorek. Ternyata tempat tersebut terletak di Pucak Bukit Wolobobo, Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Nuansa negeri di atas awan begitu terasa bila sobat Travelista berada di Puncak Wolobobo. Semilir angin yang dibalut tipisnya awan putih menutupi hamparan lembah tampak seperti berada di tengah samudera luas.

Sore hari merupakan waktu yang pas bila sobat Travelista ingin menikmati Puncak Wolobobo. Di atas sini, sobat Travelista dapat menyaksikan indahnya Kota Bajawa sekali pandang.

Travelista


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here