Travelista – Indonesia menyimpan berbagai keanekaragaman yang menarik untuk dibahas. Salah satu yang unik yakni kisah mistis yang beredar di tengah masyarakat. Setiap daerah di Bumi Pertiwi pasti memiliki cerita horor yang seakan meneror, seperti kuyang.

Bagi masyarakat yang tinggal di Kalimantan, nama kuyang sudah menjadi buah bibir yang akrab diperbincangkan. Layaknya sebuah tradisi, orang-orang Kalimantan seakan gelisah ketika datangnya malam hari.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Si Pitung, Superhero ‘Ala’ Betawi

Menurut penuturan orang-orang Kalimantan, kuyang adalah siluman yang mencari bayi dan darah ibu hamil atau yang baru melahirkan. Ketika telah memakan darah tersebut, kesaktian kuyang akan bertambah dan sukar untuk dikalahkan.

Menelisik mitos yang berkembang, kuyang dipercaya sebagai sosok manusia yang mendalami ilmu hitam untuk mendapatkan keabadian. Bagi mereka yang ingin terlihat awet muda, jalan pintas ini kerap dijalani meski memakan korban.

Walau dikenal akan kesaktiannya, ternyata kuyang masih memiliki sedikit kelemahan. Kuyang tak berarti bila berhadapan dengan bawang merah dan bawang putih. Bila rumah ditebar dengan bawang merah dan bawang putih, sudah dipastikan kuyang enggan untuk mendekat.

Bukan hanya itu, menurut kabar yang tersiar dari mulut ke mulut, kuyang juga dapat diusir dengan menggunakan sapu. Rakyat Kalimantan percaya, bila kuyang sudah menampakan diri dan mulai mengganggu, maka sapu ijuk dapat digunakan untuk mengusirnya. Sudah siap sobat Travelista untuk menghadapi kuyang?

Travelista

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here