Travelista – Menghabiskan waktu liburan memang asik pergi ke pantai, apalagi bisa melihat sunrise maupun sunset, tidak hanya itu kita juga dapat bermain snorkling, banana boat hingga camping ceria dipesisir pantai. Namun apa jadinya jika banana boat atau kapal yang kalian tumpangi terbalik.

Seperti yang terjadi pada enam wartawan Sekretariat presiden yang terbalik di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Jika ini terjadi pada kalian jangan dulu panik yah guys karena justru itu akan membuat kalian tidak bisa berpikir untuk menyelamatkan diri kalian.

Travelista bakalan kasih tips buat sobat semua jika terjadi kapal terbalik. Berikut hal yang harus kalian lakukan, terutama bagi kalian yang tidak bisa berenang :

1. Mengapungkan diri di Pantai

Image result for mengapungkan diri dipantai"
sumber foto : backpaker.com

Bagi yang tidak bisa berenang perkara ini tentu menjadi momok yang menakutkan, namun usahakan diri kalian tetap rileks dan tenang ya sobat. Karena jika kalian panik justru hal ini akan menguras energi kalian, serta mempercepat kalian untuk tenggelam, selain itu kalian juga jadi tidak bisa berpikir untuk melakukan pertolongan pertama, teknik mengapungkan diri bisa jadi solusi bagi yang tidak bisa berenang. Caranya ialah posisikan diri kalian dengan tidur terlentang di atas permukaan laut atau biasa dikenal dengan gaya ultimate, usahakan wajah tetap menghadap ke atas guna membantu pernapasan kalian, jangan lupa untuk merentangkan kedua tangan dan kaki hingga separuh posisinya berada dibawah permukaan laut ya.

2. Cari Benda di sekitar Pantai

Image result for kayu di pantai"
sumber foto : pxhere.com

Sembari melakukan teknik ultimate, usahakan kalian juga mencari benda apapun yang ada di pantai, seperti kayu, rakit, daun pintu dan benda lainnya yang dapat membuat kalian tetap mengapung di atas permukaan laut.

3. Menjauh dari Kapal

Image result for jauh dari kapal terbalik"
sumber foto : nusabali.com

Jika kapal yang kalian tumpangi berukuran besar, segeralah menjauh dari kapal tersebut agar kalian tidak tertindih oleh puing puing kapal, selain itu kapal yang besar juga bisa menyedot dan menghisap kalian hingga tenggelam, usahakan untuk tidak hipotermia dia atas permukaan laut ya. (Naufal)

Travelista

Previous article5 Rumah Horor yang Meneror di Indonesia
Next articleTernyata Ga Cuma Manado ! Ini Destinasi Wisata Menarik di Sulawesi Utara