Gambaran Tol Desari, Source Merdeka.com/Supriatin

Travelista – Jalan tol Depok-Antasari (Desari) saat ini sudah tersambung hingga Sawangan. Pembukaan tol baru tersebut dilakukan pada Jumat kemarin.

Dengan begitu, hingga kini, tol yang biasa disebut dengan Tol Desari ini sudah menyelesaikan operasional seksi II. Tersisa seksi III yang akan menyambung dengan Sawangan hingga Bojonggede.

Apa saja hal-hal yang perlu diketahui soal tol Desari in? Berikut 3 Fakta soal Tol Desari yang sudah tersambung hingga Sawangan.

1. Sudah Bisa Dilewati Sejak Jumat

Tol Desari seksi II ruas Brigif-Sawangan sudah bisa dilewati kendaraan pada Jumat kemarin. Awalnya, tol ini ditarget bisa operasional pada awal 2020, namun molor hingga Juli 202

2. Gratis 2 Minggu

Tol Depok Antasari (Desari) Seksi II Brigif-Sawangan resmi dibuka. Tol yang memiliki panjang 6,3 km ini masih gratis selama 2 minggu. Pihak operator, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) belum akan mengenakan tarif kepada pengguna.

“Ini waktu sosialisasi kita 2 minggu, kita kasih gratis 2 minggu. Ini lah waktu sosialisasi kita,” kata Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Jusuf Hamka di Gerbang Tol Sawangan, Depok, Jumat (3/7/2020).

Dia menjelaskan pemerintah yang akan menentukan tarif tol ini. Dia berharap SK mengenai penetapan tarif bisa secepatnya keluar.

3. Bocoran Tarif

PT Citra Waspphutowa memperkirakan tarif tol ruas Brigif-Sawangan ini sekitar Rp 10 ribu untuk kendaraan golongan

Mungkin sekitar Rp 10 ribu dari Brigif ke sini (Sawangan), kalau di Krukut keluar lain kali (tarifnya). Jadi nanti kalau memang sudah nyambung semua nanti sistem terbuka kali kayak (tol) Jagorawi,” tambahnya.

Sementara Tol Desari Seksi I Antasari-Brigif yang sudah beroperasi lebih dulu, dengan panjang 5,8 km memberlakukan tarif untuk kendaraan golongan I Rp 7.500. Sementara golongan II dan III tarifnya sama yakni Rp 11.500.

4. Tersambung hingga ke Bogor 2022

Pihak PT Citra Waspphutowa selaku anak usaha dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk menjelaskan saat ini untuk Seksi III masih proses pengadaan tanah.

“Seksi III masih dalam proses pengadaan tanah,” kata Widijanto.

Dia tidak ingat secara pasti berapa persen progres pengadaan tanah untuk pembangunan tol Desari Sawangan-Bojong Gede. Tapi perkiraannya sekitar 15-20%.

“Mungkin sekitar 15% mendekati 20% mungkin, saya tepatnya lupa tapi sekitaran itu,” sebutnya.

Bila tanah bebas dan tak ada aral melintang, tol akan tersambung hingga ke Bogor pada akhir 2022.

“Ya kalau tanah bebas yang kita harapkan untuk konstruksinya bisa selesai di akhir 2022,” tuturnya