Travelista – Amazon adalah wilayah yang sangat khas. Ini adalah wilayah yang paling beragam secara ekologis di Bumi dan rumah bagi hutan hujan dan sistem sungai terbesar di dunia. Ini memiliki jutaan spesies, yang sebagian besar masih belum ditemukan.

Sistem air tawar dan hutan Amazon sama-sama dalam bahaya. Lebih dari 69% hutan Amazon, curah hujan telah menurun sejak tahun 2000. Menurut WWF, jika laju deforestasi saat ini berlanjut, pada tahun 2030 27% bioma Amazon akan tidak memiliki pohon. Amazon perlu dilindungi dan dilestarikan, tetapi WWF telah mencoba melakukan hal itu.

Bioma dengan keanekaragaman spesies tertinggi adalah hutan tropis basah, dan Amerika secara konsisten memiliki hutan tropis dengan keanekaragaman spesies lebih tinggi daripada hutan tropis basah di Afrika dan Asia. Hutan hujan Amazon, yang merupakan kawasan hutan hujan tropis terbesar di Amerika, sangat beragam. Hutan hujan Amazon adalah rumah bagi satu dari sepuluh spesies yang dikenal di dunia. Koleksi spesies hewan terbesar di dunia dapat ditemukan di sini.

Delapan negara membentuk wilayah yang sangat luas ini, yang kira-kira dua pertiga ukuran AS: Guyana, Suriname, Brasil, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, dan wilayah seberang laut Guyana Prancis. Amazon memiliki 1,4 miliar hektar hutan dalam, setengah dari hutan tropis yang masih ada di dunia, 4.100 mil sungai yang berliku-liku, dan 2,6 juta mil persegi di lembah Amazon. Itu membuat sekitar 40% dari Amerika Selatan.

1. Mamalia

Sangat Unik, Ini 10 Hewan yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Hutan Amazon
photo by idntimes.com
Jaguar Di Hutan Amazon Foto Stok - Unduh Gambar Sekarang - Basin Amazon,  Hewan, Hutan amazon - iStock
photo by istock.com
Why Are Black Panthers Black? - MyStart
photo by mystars.com

Amazon adalah rumah bagi lebih dari 1.400 spesies mamalia, yang sebagian besar adalah spesies hewan pengerat dan kelelawar. Tapir, jaguar, ocelot, dan capybara adalah beberapa mamalia yang lebih besar.

2.Burung

Macaw Bird Facts | Arini - AZ Animals
photo by animals.com
Birds in the Amazon Rainforest | Delfin Amazon Cruises
photo by amazoncruise.com
Toucan Bird on Nature in Boca De Valeria, Amazon River, Brazil. Tropical  Bird with Orange Beak on Perch Stock Photo - Image of adorable, cute:  135089246
photo by dreams.com

Lembah Amazon adalah rumah bagi sekitar 1500 spesies burung yang berbeda. Keragaman kelompok burung yang hidup di hutan basah ini berkontribusi pada keanekaragaman hayati Amazon dan banyaknya spesies burung yang berbeda.

Keluarga cotinga, di mana ayam jantan Guianan berasal, adalah ilustrasi dari salah satu kelompok tersebut. Kolibri dan toucans adalah di antara spesies lain yang dapat ditemukan di sini.

Di sepanjang tebing tanah liat di Sungai Amazon, macaw terkenal karena berkumpul dalam jumlah ratusan. Ribuan macaw dan burung beo lainnya berduyun-duyun ke tepi sungai terbuka di Amazon barat untuk makan,

3. Reptile

TRIBUNNEWSWIKI : Anakonda, Ular Raksasa Penghuni Hutan Amazon -  Tribunnews.com Mobile
photo by tribun.com
Exotic species in the Amazon rainforest – reptiles - CGTN
photo by cgtn.com
Tropical Rainforest Reptiles List With Pictures & Facts For Kids
photo by activewild.com

Perairan Amazon adalah rumah bagi anaconda, dan puncak pohonnya adalah rumah bagi Emerald Tree Boa dan Boa Constrictor. Cekungan Amazon juga merupakan rumah bagi kadal basilisk.

Untuk perdagangan hewan peliharaan di seluruh dunia, banyak spesies reptil dipanen dan diperdagangkan secara ilegal. Setelah obat-obatan terlarang, batu permata, dan senjata api, hewan hidup adalah produk terbesar keempat di sektor penyelundupan.

4. Amphibi

Exotic species in the Amazon rainforest – amphibians - CGTN
photo by cgtn.com

7 Awesome Frog Species of the Tropics | Britannica
photo by britanica.com
Meet the ′zombie frog,′ a new species found in the Amazon | Science |  In-depth reporting on science and technology | DW | 05.07.2021
photo by dw.com

Amazon adalah rumah bagi lebih dari seribu spesies amfibi air yang berbeda. Katak tropis lebih umum di antara pepohonan dan lebih langka di dekat sumber air di lantai hutan daripada katak beriklim sedang, yang sebagian besar terbatas pada lingkungan dekat air.

Penyebab kejadian ini sangat mudah dipahami: karena kira-kira setengah dari pernapasan katak terjadi melalui kulitnya, mereka harus selalu menjaganya agar tetap lembab. Katak tropis memiliki fleksibilitas yang jauh lebih besar untuk masuk ke pepohonan dan melarikan diri dari banyak pemangsa di jalur air hutan hujan berkat kelembapan hutan hujan yang tinggi dan seringnya hujan.

Di luar habitatnya, katak tropis dan sedang berbeda satu sama lain.Amazon adalah wilayah yang sangat khas. Ini adalah wilayah yang paling beragam secara ekologis di Bumi dan rumah bagi hutan hujan dan sistem sungai terbesar di dunia. Ini memiliki jutaan spesies, yang sebagian besar masih belum ditemukan.

5. Ikan

Amazon River Fish: Best Known Species - Rainforest Cruises
photo by rainforest.com
Amazon River Fish: Best Known Species - Rainforest Cruises
photo by rainforest.com
Amazon River Fish: Best Known Species - Rainforest Cruises
photo by rainforest.com

Cekungan Amazon mencakup fauna ikan dengan lebih dari 2.200 spesies, menjadikannya cekungan sungai terbesar di Bumi. Amazonia juga merupakan pusat varietas ikan Neotropis. Piranha perut merah, pemakan makanan omnivora yang menghuni rentang geografis yang lebih luas daripada spesies piranha lainnya, berasal dari lembah Amazon.

Karena perbedaan mencolok antara berbagai bagian lembah Amazon, banyak spesies ikan yang berasal dari daerah tertentu, yang membantu menjelaskan kekayaan spesies yang luar biasa. Misalnya, fauna sungai Clearwater berbeda dari sungai White dan Blackwater, fauna bagian yang bergerak lambat berbeda dengan sungai deras, fauna sungai kecil berbeda dengan sungai besar, dan fauna bagian dangkal berbeda. dari bagian yang dalam.

6. Serangga

The Most Dangerous Animals Of The Amazon Rainforest - WorldAtlas
photo by worldatlas.com
11 Insects Of The Amazon Rainforest That Must Be Seen To Be Believed -  Rainforest Cruises
photo by rainforest.com
11 Insects Of The Amazon Rainforest That Must Be Seen To Be Believed -  Rainforest Cruises
photo by rainforest.com
11 Insects Of The Amazon Rainforest That Must Be Seen To Be Believed -  Rainforest Cruises
photo by rainforest.com

Serangga membentuk lebih dari 90% spesies hewan di Amazon, dengan kumbang menyumbang sekitar 40% dari semua spesies serangga yang diketahui (Coleoptera)).

Previous articleSegitiga Bermuda Indonesia yang Menyimpan Kisah Misterius
Next article10 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2022