Travelista – Mengonsumsi makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama kiranya diperlukan oleh setiap umat manusia.

Hal ini dikarenakan, makanan tersebut dapat membantu siapa saja untuk menekan rasa ingin makan atau minum saat harus berpuasa seharian.

Beberapa jenis makanan yang bisa memberi kenyang juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang berniat mengurangi kegemukan demi mendapat berat badan ideal.

Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat berguna untuk menekan hasrat lapar yang berlebihan sehingga siapa pun tidak lagi sebentar-bentar ingin makan atau ngemil.

Melansir Buku 1001 Makanan (2015) oleh Tim Naviri, keberadan makanan yang dapat memberi kenyang lebih lama benar adanya.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa mengenyangkan perut hingga lama agar seseorang tidak perlu mati-matian menahan lapar:

1. Cokelat hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam mungkin dianggap sebagai makanan yang dapat menggemukan badan. Tetapi sebenarnya, dalam 100 gram dark chocolate hanya terdapat 70 kalori.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli dari University of Copenhagen, menemukan bahwa mengonsumsi dark chocolate sebelum makan bisa membuat kita menyantap porsi makanan lebih sedikit.

Hal itu dimungkinkan karena senyawa dalam cokelat hitam dapat memperlambat proses pencernaan, dan memuat kenyang lebih lama.

Sepotong kecil dark chocolate, yakni seukuran kartu nama juga diyakini bis amenahan hasrat untuk memakan makanan asin, manis, dan berlemak.

2. Kacang pinus

Kacang pinus tak hanya baik untuk diet, tapi juga dapat membuat seseorang cepat kenyang.

Kacang pinus mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan jantung, juga dapat meningkatkan hormon yang membuat seseorang merasa sangat kenyang.

Jika keinginan ngemil timbul, segera konsumsi kacang tersebut. Dalam setengah ons kacang pinus, terbukti hanya terdapat 95 kalori.

Setengah ons kacang pinus kira-kira sebanyak 84 butir.

3. Keju

Keju yang direkomendasikan untuk bisa memberi kenyang lebih lama serta menyehatkan, yakni keju yang terbuat dari susu sapi atau kambing yang diberi pakan rumput.

Keju dari susu ternak berpakan rumput memiliki kandungan conjugated linolenic acid (CLA), yakni sejenis asam lemak yang membantu mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan osteoporosis.

Untuk menemukan keju yang dihasilkan dari ternak berpakan rumput, periksa label produknya.

4. Susu skim

Selayaknya keju, susu skim juga mengandung CLA yang membantu melawan kegemukan.

Dalam satu cangkir susu skim, hanya ada 86 kalori. Selain itu, protein pada susu bisa mengenyangkan perut lebih lama, dibanding minuman yang mengandung gula.

5. Buah jeruk

Selain apel, jeruk termasuk buah yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama, karena mengandung serat yang tinggi.

Serat pada buah tersebut juga bermanfaat untuk melawan kegemukan.

Sumber Kompas.com