Travelista – Tahun ke tahun banyak sekali perkembangan yang tercipta. Hal kecil yang terlihat adalah makanan. Makanan sangat beraneka ragam jenisnya, perlahan makanan yang dulu waktu kecil ada lama kelamaan menghilang.

Hanya ada dibeberapa kota kecil saja di Indonesia yang mungkin bisa ditemukan. Kuliner ala Eropa, Timur Tengah mulai merajalela di Indonesia. Jika tidak ada inovasi baru dijamin makanan juga akan punah.

Terutama untuk kaum milenial yang disuguhkan dengan junk food, padahal makanan tradisional Indonesia sungguh enak dan harganya terjangkau.

Penasaran apa saja jajanan buka puasa yang sulit ditemukan akhir-akhir ini? yuk simak beberapa ulasannya ala Travelista!

1Putu

Kue Putu Bambu – Resep Masakan Indonesia
sumber foto : resepmasak.com

anak 90 an pasti tahu kue yang satu ini, kue yang berwarna hijau dan berbentuk agak lonjong ini menjadi jajanan favorit pada masanya. Kue yang disajikan dengan cara dikukus ini sangat mudah ditemukan di sekolah, maupun pinggir jalan. Kemudian dari harganya pun, kalian hanya menyiapkan Rp 4000,- per porsinya.

2. Getuk Lindri

Resep Getuk Lindri - Tabloidbintang.com
sumber foto : tabloidbintang.com

Makanan satu ini pasti kalian sudah sangat familiar, ya benar Getuk Lindri, terbuat dari ketela pohon atau singkong dan berbentuk kotak. Hampir disetiap kota, getuk lindri cukup terkenal bagi masyarakat jawa tengah dan jawa timur. Bahkan diseluruh kota hampir mengetahui makanan ini. Namun, seiring berjalannya waktu makanan khas jawa ini hilang dan pada akhirnya jajanan ini muncul hanya di event event daerah saja.

Terlepas dari segi makanannya yang enak, harga yang dipatok dari getuk lindri ini hanya Rp 5000,- per porsinya. Kemudian ada hal unik dari dagangan ini yakni, cara mereka menarik para pelanggannya, dengan gerobak pedah dan dibalutin sound besar.

3. Es Goyang

Es Goyang Bertahan di Tengah Maraknya Es Krim | Republika Online
sumber foto : republika.com

Es goyang, kenapa es ini dinamakan es goyang karena cara pembuatannya yang dikayuh dan di goyang goyangkan oleh penjualnya, es stik yang dilumuri coklat diluar ini sangat special karena harganya hanya Rp 2000,- namun cita rasanya tidak kalah dengan minuman atau ice cream saat ini.

4. Permen Gulali

4 Gulali Tempo Dulu - Ngalam.co
sumber foto : ngulam.co

Jajanan yang selalu ada didepan SD. Permen Gulali sangat unik karena bisa dibentuk menyerupai kuda, terompet, bunga bahkan ada yang bentuknya mobil. Biasanya kita minta ke abang gulali untuk dibikinkan sesuai kemauan kita.

Rasanya manis, tukang gulali mempunyai keahlian yang hebat dari gula yang warnanya merah dan hijau yang tadinya tidak berbentuk apa-apa bisa disulap sedemikian rupa. Harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 2.000 – Rp 10.000 tergantung kesulitan bentuknya saja.

Lumayan susah jika sekarang menemukan abang gulali. Bisa dihitung jari yang masih mangkal di depan SD. Padahal udah enak terus harganya murah. Cocok banget buat kita semua.

Jika Putu dan getuk lindri mungkin masih bisa dijumpai dibeberapa tempat mau pun kota, namun Es goyang sangat sulit didapatkan, untuk itu bagi kalian yang rindu makan es goyang tidak ada salahnya kalian coba membuat sendiri dirumah. Jajanan ini perlu dilestarikan agar anak cucu kita nanti sama-sama bisa mencicipinya.

Travelista.id