Home Regional Banten 3 Kuliner Khas Banten yang Patut Dicoba

3 Kuliner Khas Banten yang Patut Dicoba

Travelista – Kuliner adalah sebuah kesenian yang dituangkan untuk disantap, biasa terdiri dari lauk Pauk, Sayuran, serta Makanan Pokok utama. Tetapi kalian pada sadar gak sih, ada beberapa makanan daerah yang khas dari daerahnya Justru hanya daging – dagingan. Kali ini Penulis beserta tim yang lain membuat penelitian kecil – kecilan.


Kami menemukan beberapa daerah yang menurut kami terlihat gersang Seperti sekitaran Cilegon dan Serang. Dan dari Daerah – daerah yang gersang ini, makanan khasnya cenderung daging –dagingan. Penulis akan coba breakdown Kuliner khas Daerah Gersang beserta rincian Daerahnya:


1. Sate Bebek

Resep Sate bebek khas banten oleh Puji Winarni - Cookpad
photo by cookpad.com


Sate Bebek Berasal dari daerah Cilegon. Biasanya masakan Ini banyak dijual disekitar Jalan Raya Arah Anyer, Biasanya Penjual menggunakan bumbu kecap ( penulis kurang tahu sebenarnya, tapi kebetulan Penulis dihidangkan dengan bumbu kecap, masih belum diketahui penjual yang menggunakan bumbu kacang ) hidangan ini cukup membuat kenyang, karena sudah mendapatkan nasi sepiring penuh dan 10 tusuk sate. Harganya Rp.30.000,- per Porsi (Kebetulan Penulis mencoba didaerah Jalan Raya Anyer – Cilegon),


2. Nasi Uduk Empal

Nikmatnya Empal Daging Khas Serang Mang Deni, 20 Tahun Berdiri Tetap Ramai  Diserbu Pembeli - Tribunbanten.com
photo by tribunnews.com


Di daerah Tangerang – Jakarta sudah tidak asing lagi mendengar Nasi Uduk, bahkan bisa jadi menu makan malam. Namun ketika kita berkunjung ke kota Serang dan menghampiri kawasan Pasar Lama Serang ada beberapa Pedagang kaki lima yang menjual Nasi Uduk Empal. Benar saja, yang dihidangkan Hanya Nasi Uduk beserta Empal sapi dan kuahnya.

Tidak biasanya dengan Nasi Uduk Betawi yang bisa memilih berbagai macam lauk – pauk seperti telur balado, ayam, orek tempe, dan lauk lainnya. Kali ini berbeda, hanya dengan tambahan topping keripik dan acar timun yang biasanya disantap dengan Nasi Goreng. Untuk hidangan Para Pembaca hanya merogoh kocek Rp. 19.000,- ( Tapi ini yang di Pasar Lama Serang ya !)


3. Rabeg

Resep Rabeg, Olahan Daging Kambing Khas Serang Banten
photo by suara.com


Jika dilihat hidangan ini dari tampaknya saja terlihat seperti Tongseng, namun rasanya agak berbeda, dan Rabeg berbahan dasar dari daging kambing, dan rabeg tidak menggunakan santan. Dan konon katanya Rabeg ini adalah makanan keistimewaan bagi warga Sekitar Cilegon. Biasanya Rabeg dipadupadankan dengan Nasi Gonjleng atau Nasi uduk.

Apa travelers tertarik untuk mencoba 3 hidangan ini? Silahkan datang ke Serang dan Cilegon !

Previous articleBudget 500 Ribu Bisa Traveling? Ini Jawabannya!
Next article5 Hewan Peliharaan ini Cocok diajak Traveling