Travelista – Di era sekarang ini, melakukan perjalanan antar Negara bukanlah hal yang sulit. Setiap orang bisa saja melakukannya. Namun perlu diingat, tidak semua Negara mudah untuk kita datangi terlebih lagi ada beberapa Negara yang mayoritas masyarakatnya sangat mencintai bahasa asli mereka. Dengan kata lain mereka tidak bisa berbahasa Inggris.

Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Hampir setiap Negara mungkin menjadikan bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah.

Dibalik itu semua, kita juga harus mempersiapkan izin masuk ke Negara tujuan kita yang biasa disebut dengan Paspor. Untuk kalian yang belum mempunyai Paspor, berikut langkah-langkah yang mesti kalian ikuti untuk mengurus pembuatan Paspor tsb.

Baca juga: Bukan Hanya Hewan, 5 Makanan Tradisional di Bawah Juga Hampir Punah

1. Mempunyai Niat
Ini adalah faktor yang paling penting dari semua faktor. Tanpa niat yang kuat anda tidak akan bisa melakukan sesuatu.

2. E-KTP
Sekarang E-KTP merupakan hal yang sudah menjadi kewajiban setiap warga Negara Indonesia. Tidak hanya untuk mengurus Paspor E-KTP juga sangat diperlukan untuk mengurus hal lain, contohnya mengurus sesuatu yang belum keurus.

3. Ijazah
Siapkan ijazah asli terakhir anda, namun disarankan juga anda membawa ijazah SMA anda sebab ada beberapa case ijazah SMA yang diminta, ingat ya ijazah BUKAN ijah!, karena kalo sampai anda membawa ijah, nanti tidak ada yang masakin nyonya di dapur.

4. KK (Kartu Keluarga)
Bagi anda yang sudah berkeluarga, anda tidak perlu membawa keluarga anda saat mengurus Paspor. Cukup membawa Kartu Keluarga saja.

5. Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)
Untuk anda yang jomblo disarankan segera menikah, karena sekarang sudah tahun 2019 masa belum nikah?

6. Akte Kelahiran
Bagi anda yang sudah lahir wajib membawah dokumen ini. Thanks.

Semua dokumen diatas harap dibawa asli serta copy nya.

7. Install Aplikasi “Layanan Paspor Online”
Untuk anda yang masih menggunakan telepon koin disarankan jangan menginstal aplikasi ini karena tidak akan support.

Setelah menginstal, isi data-data yang diperlukan.
– Klik menu Antrian Paspor
– Pilih lokasi kantor yang anda pilih
– Pilih waktu
*Sebaiknya lakukan ini pada hari Jum’at 14:00 – MInggu 16:00 karena biasanya antrian sudah penuh. Dan perlu diketahui jumlah peserta pembuatan paspor terbatas di setiap kantor cabang imigrasi.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here