Ilustrasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/prs.

Travelista.id – Kabar baik buat kamu yang sudah jenuh karena tidak bepergian selama masa karantina mandiri, kini dimasa new normal kamu sudah bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata. Namun meski sudah diperbolehkan, kamu harus tahu tips bepergian aman saat new normal ini agar tetap terhindar dari paparan COVID-19 atau tidak menyebarkannya.

1. Cari Informasi dan Siapkan dokumen

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/prs.

Sebelum memesan tiket atau melakukan booking di hotel pilihan kamu, cari informasi resmi destinasi kota atau lokasi yang kamu tuju apakah sudah buka atau belum kemudian siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah. Selain itu, cari pula informasi terkait syarat dan ketentuan yang harus kamu siapkan jika ke daerah yang kamu tuju.

Kamu bisa mencari tahu dengan menghubungi pihak lokasi wisata atau hotel yang kamu akan booking.

2. Cari tahu protokol berwisata

Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) menyemprotkan cairan disinfektan di candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/3/2020). FOTO ANTARA/Anis Efizudin/ama.

Dengan adanya new normal, maka akan banyak peraturan dan protokol dalam berwisata. Pastikan kamu sudah mencari tahu infonya. Peraturan ini bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya.

3. Pilih solo traveling atau staycation

Solo traveling

Dengan situasi pandemi ini traveling sendiri adalah pilihan yang pas. Hal ini juga membuat petualangan kamu lebih seru. Atau, kamu dapat memilih staycation di mana kamu bisa memesan tempat menginap dengan fasilitas yang cocok untuk kamu bersantai dan menikmati pemandangan tanpa harus keluar ke tempat wisata.

BACA JUGA : 5 Tips Menginap di Hotel Saat Pandemi COVID-19

4. Gunakan kendaraan pribadi

Liburan tidak harus ke tempat jauh atau ke luar kota yang mengharuskan kamu naik tranpostasi umum. Jelajahlah kota tempatmu tinggal dan cari tempat-tempat unik yang belum pernah kamu kunjungi. Gunakan kendaraan pribadi agar terhindar dari kerumunan.

5. Hand sanitizer

Untuk menjaga agar tetap higienis, hand sanitizer adalah barang yang wajib kamu bawa, selain itu siapkan juga tisu basah, tisu kering, sabun cair, dan disinfektan. Siapkan juga obat-obatan pribadi serta rutin konsumsi vitamin.

6. Bawa peralatan pribadi

Perlalatan pribadi yang wajib kamu bawa adalah tempat dan alat makan, botol minum, sandal, serta handuk. Walaupun banyak peralatan tersebut tersedia dan terlihat bersih di tempat wisata, menggunakan peralatan sendiri lebih baik.

7. Gunakan masker

Ke manapun tujuanmu, masker adalah barang yang wajib kamu pakai. Selain mencegah penyebaran COVID-19, menggunakan masker juga membantu kamu agar terhindar dari menghirup debu dan polusi selama perjalanan.

8. Hindari destinasi ramai

Seorang wanita berwisata

Setelah banyak tempat wisata dibuka, pasti akan ramai. Usahakan untuk tetap jeli memilih tujuan wisata atau datang lebih awal. Jika terlanjur, maka tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

9. Transaksi nontunai

Uang adalah salah satu medium penyebaran bakteri dan virus, oleh karena itu minimalisir penggunaan uang tunai dalam bertransaksi. Manfaatkan sarana booking dan bayar online yang kini sudah banyak tersedia dan digunakan oleh tempat wisata.

10. Istirahat yang cukup

Liburan yang menyenangkan pasti juga dilengkapi dengan perjalanan yang melelahkan. Istirahatkan matamu dari gadget, dan istirahatkan badanmu dengan tidur lebih awal.

Nah itu 10 tips bepergian saat new normal berlangsung, semoga dapat membantu kamu yang sudah bosan #dirumahaja . Ingat selalu waspada terhadap pemaparan virus corona (COVID-19) agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona.