Travelista.id – Siapa yang tidak tahu film Indonesia yang booming pada tahun 2000 ini, film yang mengisahkan tentang anak-anak yang berpetualang dengan para bandit-bandit jahat. Film ini membuat bioskop-bioskop penuh sesak dengan pengunjung.

Namun, baru-baru ini film petualangan sherina telah tayang di Netflix dan Disney+ dengan resolusi yang sudah kekinian dan sudah di retouch ke High Definition (HD).

Kali ini travelista akan memberikan kamu lokasi-lokasi tempat syuting film Petualangan Sherina ini yang ternyata syutingnya tidak hanya di Bandung Utara seperti yang dikatakan ayah Sherina loh….

Stasiun

Stasiun Lokasi Sherina Bermain dengan Teman-temannya

Pada saat sherina menyanyikan lagu sedihnya saat ingin pindah ke Bandung, scene ini muncul. Seperti yang kita bisa lihat clue nya adalah gedung dibelakang stasiun itu, setelah ditelaah ternyata stasiun itu adalah Stasiun Sudirman nih !

Stasiun Sudirman

Coba deh perhatiin bagian gedung belakangnya, mirip bukan ?

Supermarket Tempat Kerja Ayah Sherina

Supermarket tempat ayah sherina bekerja

Tepat sekali, ayahnya sherina bekerja di Supermarket Carefour (Karfur), wah suasananya tahun 2000an banget ya travelers.

Nah didalam ceritanya, ayahnya bercita-cita memiliki perkebunan karena senang sekali berkebun, tapi malah bekerja di supermarket. Itulah mengapa masalahnya muncul, yup, sherina harus pindah ke Bandung demi mewujudkan cita-cita ayahnya.

SD Sherina di Bandung

SD Sherina di Bandung

Nah tempat bertemunya Sadam & Sherina untuk pertama kalinya ini dan bercek-cok berada di SD Kristen Paulus 3, namun beberapa sumber mengatakan SD Pancasila Lembang. Entah sekarang tempat ini masih ada atau tidak karena kabarnya SD ini sudah dialih fungsikan.

Rumah Sherina di Jakarta

Tangkapan layar film Petualangan Sherina, rumah sherina di jakarta

Yup, disitu terlihat menara BNI 46 dan beberapa gedung disekitarnya, dan ada nama jalan diatas pos surat. Setelah kita telisik ternyata rumah tersebut berada di Jl. Setia budi Barat sekitar nomor 20an. Yang jika kita kesana sekarang sepertinya sudah tidak ada lagi rumahnya atau sudah beralih fungsi menjadi kos-kosan.

Wah padahal kalau masih ada sangat nostalgic sekali ya rumah yang ada gambar bebeknya ini.

Eh tapi kalau dipikir-pikir jauh juga ya stasiun sudirman jalan kaki ke setiabudi ini. Kalo jaman sekarang sih deket, ada ojek online.

Ciwidey

Situ patenggang, Ciwidey

Nah, lokasi ini disinyalir sebagai lokasi tempat Sherina dan Sadam bermain kejar-kejaran hingga Sadam menghilang diculik. Namun, lokasi ini berada di Bandung Selatan, sangat jauh dari deskripsi ayahnya sherina yang pindahnya ke Bandung Utara. Agak rempong juga untuk syuting di beda lokasi yang cukup jauh.

Saat Sherina sedang berpetualang dengan Sadam

Spekulasi lain adalah lokasi lari-larian tersebut ada di Desa Cisaroni, Lembang. Ya dekat-dekat dengan Cibodas atau mungkin sekarang disekitar Lodge Maribaya itu.

Observatorium Boscha

Observatorium Boscha

Yes, tempat pelarian Sherina & Sadam pada film Petualangan Sherina ini berada di Observatorium Boscha, Lembang. Pada malam itu, terdapat 2 penjaga observatorium, namun 1 orang harus pergi karena istrinya melahirkan dan seorang lainnya menggunakan earphone sehingga tidak mengetahui Sharina & Sadam masuk kedalamnya.

Observatorium ini berada jauh didalam hutan, fungsinya agar jauh dari cahaya lampu sehingga dapat melihat bintang-bintang lebih jelas.

Gua Jepang

Scene saat Sadam Diculik Bandit

Situs wisata bersejarah ini disinyalir menjadi tempat Sherina & Sadam mengobrol yang kemudian tersesat di hutan dan tempat parkir mobil sang penculik Sadam.

Mungkin saat ini lokasi ini akan masih terasa sama seperti di film, karena biasanya tidak banyak perubahan di daerah wisata sejarah seperti ini.

Nah itu dia lokasi-lokasi syuting petualangan sherina yang berhasil kami rangkum dari berbagai macam sumber. Beberapa informasi mungkin tidak akurat, silahkan komentar jika kamu mengetahui informasi lainnya ya…

Buat kalian yang ingin kembali nonton keseruan petualangan Sherina, namun sudah tidak memiliki VCD atau VCD player kalian rusak, kalian dapat langsung nonton di Disney+ Hotstar atau Netflix mulai 17 September 2020 !

Petualangan Sherina di Netflix

Bagikan artikel ini jika kalian menyukainya ya !

Previous articlePSBB Jilid II, Berikut Daftar Wisata yang Tutup di Jakarta
Next articleHagia Sophia: Berawal Dari Gereja Sekarang Menjadi Masjid