Travelista, Jakarta – Pesona Yogyakarta sebagai Kota Wisata sudah tak diragukan lagi. Daerah yang dijuluki sebagai Kota Pelajar ini menyuguhkan beberapa pesona, mulai dari pegunungan, pantai, hingga budaya.

Jika Anda ingin merasakan sensasi dingin pegunungan, maka Anda bisa mengambil arah utara Jogja. Sebaliknya, jika Anda ingin menikmati hangatnya pantai, maka Anda bisa mengarahkan perjalanan Anda ke selatan.

Baca juga: Catat! 6 Hal yang Wajib di Dilakukan di Pantai

Beberapa tempat wisata ini masih terjaga keasriannya sehingga bagi Anda yang ingin menikmati keheningan dan merelaksasi diri sangat cocok untuk mampir ke beberapa tempat wosata di Joga ini. Tak main-main, beberapa lokasi wisata di Jogja ini layaknya surga tersembunyi. Lantas, dimana sajakah itu? Yuk, simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

1. Pantai Watu Lumbung

Photo by Google

Wisata yang satu ini masih berada di Kawasan Gunung Kidul dan menyajikan pemandangan indah yang memanjakan mata. Tak seperti pantai pada umumnya yang didominasi deburan pasir, Pantai Watu Lumbung dihiasi bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai.

Tebing-tebing serta bongkahan batu karang yang ada di Watu Lumbung juga menambah keeksotisan pantai ini. Bagi Anda yang berminat untuk mampir ke tempat ini, sangat disarankan untuk membawa kendaraan bermotor dua karena rute menuju pantai masih susah dijamah bila menggunakan mobil.

2. Pantai Kesirat

Photo by Google

Mungkin bagi beberapa wisatawan, nama Pantai Kesirat mungkin asing untuk di dengar. Jangankan untuk orang luar, bagi beberapa penduduk setempat juga masih jarang mendengar nama pantai yang satu ini.

Yaps, Pantai Kesirat juga masih berada di Kawasan Gunung Kidul dan masih satu arah dengan Pantai Watu Lumbung. Lokasi wisata yang satu ini menyuguhkan pesona lain dari pantai yang ada di Indonesia. Tebing-tebing tinggi serta hijaunya rerumputan menambah pesona Pantai Kesirat ini.

Keindahan Pantai Kesirat sudah bisa dirasakan dari kejauhan. Bagi Anda yang ingin menikmati momen matahari terbenam, Pantai Kesirat bisa menjadi salah satu pilihan yang wajib dicoba.

3. Gumuk Pasir

Photo by Google

Sensasi berbeda akan Anda rasakan jika mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Sebab, lokasi wisata yang satu ini menyajikan hamparan pasir luas layaknya Gurun Sahara di Mesir sana. Wisata ini terletak di Kabupaten Bantul dan menjadi salah satu wisata kebanggan warga Yogyakarta.

Banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Gumuk Pasir ini, mulai dari membangun kerajaan pasir, hingga berselancar pasir. Bagi Anda yang ingin mampir ke tempat ini, Anda hanya diharuskan membayar parkir saja. Watu yang tepat untuk datang ke Gumuk Pasir adalah saat sore hari.

4. Bukit Klangon

Photo by Google

Jogja tak hanya tentang pantai saja, tapi juga terdapat wisata pegunungan, salah satunya yakni Bukit Klangon. Di tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan khas Gunung Merapi dari dekat yang hanya berjarak beberapa kilometer saja.

Waktu yang tepat untuk menikmati wisata di Bukit Klangon ini adalah saat pagi hari. Bukan tanpa alasan, sebab di pagi hari Anda bisa melihat kegagahan Gunung Merapi dengan jelas. Jika Anda berkunjung pada siang hari, biasanya gunung akan tertutupi awan tebal, dan tak jarang juga turun hujan.

5. Bunker Kaliadem

Photo by Google

Spot terindah dan paling ekstrem untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi adalah Bunker Kaliadem. Kendati indah dan memukau, lokasi ini terkenal sangat berbahaya karena berada dalam zona peluncuran awan panas Gunung Merapi.

Wisata ini hanya buka saat Gunung Merapi tidak terlalu aktif. Kendati begitu, keindahan Bunker Kaliadem tak terbantahkan lagi, sangat berada dekat di bawah kaki Gunung Merapi, Bunker Kaliadem bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang harus dituju.

Travelista.id

Previous articleKejahatan Cyber Dalam Perspektif Etika Kebudiluhuran
Next articleIni Dia Tujuan Tempat Bulan Madu Atta dan Aurel. Penasaran?