Alexandria adalah kota yang terletak di Mesir ini memiliki banyak kisah didalamnya. Kota ini didirikan sekitar tahun 331 SM oleh “Alexander The Great” atau sering juga dipanggil “Iskandar” dalam dunia arab.

Dikota ini juga banyak kisah tentang ilmuwan-ilmuwan besar yang terkenal seperti Euclides, Archimedes, dan Erathostenes yang telah menghabiskan sebagian hidupnya di kota ini. Alexandria juga menjadi saksi atas kisah cinta antara Ratu Mesir yang kecantikannya melegenda, Cleopatra dengan Julius Caesar.

Melihat Kekaisaran Romawi yang begitu besar, tentunya pasti ada peninggalan dari masa lalu. Apa saja ya? Yuk kita bahas.

Pilar Pompey

pompey Pillar, Sumber: Privatetoursinegypt.com

Menurut website resmi mesir tempat ini tidak ada hubungannya dengan Pompey. Kisah di balik nama tersebut mengacu pada kemungkinan kuburan Jenderal Romawi ketika dia melarikan diri ke Mesir dan dibunuh setelah kalah dalam pertempuran besar di Yunani melawan Kaisar Julius Caesar. Kolom granit merah mungkin dibangun untuk menghormati Kaisar Diocletain.

Bangunan ini berdiri setinggi 25 meter dan merupakan monumen kuno tertinggi di Alexandria.

Jam buka: 09: 00-17: 00 Harga Tiket: Reguler: 20 EGP Mahasiswa: 15 EGP

Roman Amphitheatre of Kom el-Dikka

Roman Amphitheatre of Kom el-Dikka

Situs Arkeologi di Aleksandria, Kom Al Dikka adalah daerah pemukiman di zaman Yunani-Romawi. Pada masa dulu tempat ini menjadi taman hiburan warga Alexandria dapat memanjakan diri dalam berbagai kegiatan, dan merupakan satu-satunya Amphitheatre Romawi yang ditemukan di Mesir.

Kom el-Dikka, yang secara harfiah berarti ‘tumpukan puing,’ sebelumnya adalah perkampungan kumuh sampai tahun 1959 tim arkeologi Polandia menemukan situs tersebut dalam usaha pencarian makam Alexander Agung.

Jam buka: 09: 00-17: 00

Perpustakaan Alexandria

Perpus Alexandria saat ini

Alasan Aleksandria dianggap sebagai pusat keilmuan dan pembelajaran adalah keberadaan perpustakaan ini. Banyak cendekiawan terkenal yang bekerja di perpustakaan ini pada abad ketiga dan kedua SM.

Meski telah memiliki bentuk bangunan baru, Perpustakaan Alexandria tidak hanya menjadi tujuan para penikmat buku saja. Banyak wisatawan datang ke sini ingin mengenal lebih dekat Perpustakaan Alexandria di masa lalu.

Bagaimana menurutmu? tertarikah kamu mengenal mesir lebih dalam? banyak wisatawan yang ingin mempelajari perkembangan kota ini dari masa Romawi hingga masa Islam, Bagian mana yang menarik untuk kamu? jangan lupa tulis di kolom komentar ya

Previous articleParis, Kota yang Romantis atau Kota Para Seniman?
Next articleCara Menikmati Sunset Ala Sultan Di Jakarta