Travelista – Berbuka puasa merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa. Mengapa demikian? karena waktu berbuka puasa orang-orang bisa memakan dan meminum setelah seharian menahan dahaga.

Di Indonesia ketika menjelang buka puasa biasanya ada istilah ngabuburit. Ngabuburit sendiri artinya menghabiskan waktu di sore hari menjelang adzan magrib dengan membeli makanan dan minuman berbuka, bahkan untuk jalan-jalan sore.

Menu favorit berbuka puasa di Indonesia tidak lain adalah gorengan. Berbuka dengan gorengan saja membuat kita sudah cukup rasanya dengan makan gorengan. Hal unik lainnya di luar negeri selain Indonesia, beberapa orangnya gemar berbuka dengan gorengan.

Penasaran menu buka puasa apa saja yang menjadi favorit orang luar negeri disana? yuk simak beberapa ulasannya!

1. Kurma

Yuk! Rasakan Kurma Asli dari Kerajaan Arab Saudi di Jakarta | Muslim  Obsession
sumber foto : muslim.com

Buah yang paling digemari ketika bulan suci Ramadhan. Menu andalan yang khas berasal dari Timur Tengah. Beberapa kaum muslim di dunia pasti mencari buah satu ini saat pertama kali berbuka.

Karena manfaatnya sangat banyak dan merupakan sunnah Rasul. Manfaat yang paling utama dari buah kurma adalah ketika memakan satu buah kurma bisa menjaga metabolisme tubuh dan mengembalikan kembali cairan ketika berpuasa.

2. Byrek (Bosnia)

Byrek – DISCOVERING ALBANIA
sumber foto : discovery.com

Muslim Bosnia memiliki menu buka puasa berupa roti pita yang berisi daging, bayam, kentang atau keju. Seperti dikutip dari wikipediapita adalah sebuah roti kosong bulat yang banyak dikonsumsi dalam berbagai masakan Timur Tengah.

Menu makanan berbuka puasa satu ini sangat digemari berbagai kalangan, dengan rasanya yang khas sehingga membuat lidah makin ingin terus melahap makanan satu ini.

3. Qata’ef

Qatayef dan 4 Makanan Khas Timur Tengah yang Kerap Disajikan Saat Buka  Puasa - Halaman 2 - Tribun Travel
sumber foto : tribun.com

Muslim Jerman ketika bulan puasa tiba selalu menyajikan makanan yang khas. Bernama Qata’ef yang merupakan kue kering yang direndam racikan sirup gula. Qata’ef berisi keju manis dan kacang-kacangan, yang pasti membuat enak saat mencicipinya.

4. Topa

Mengintip Tradisi Ramadhan di Bosnia
sumber foto : umma.id

Topa merupakan makanan yang berasal dari Timur Tengah. Banyak yang bilang makanan ini merupakan makanan yang paling sehat untuk menu Ramadhan. Topa dibuat dari mentega, krim dan keju. Hmmm Yummy!

5. Pakora

Baked Vegetable Pakora | Vega (US)
sumber foto : myvega.com

Pakora merupakan kombinasi sayuran cacah halus yang tergabung dari kol, terong, kubis, bawang, mentimun atau bayam. Pakora merupakan hidangan tambahan yang biasanya dicampir dengan kari ayam atau sapi.

Dibuat dengan sempurna dan mempunyai citra rasa yang unik. Karena katanya tidak pas rasanya jika memakan kari saja tidak dicampur pakora.

Setiap negara hampir mempunyai makanan khas masing-masing. Apalagi ketika bulan puasa tiba, makanan yang biasanya jarang ada ketika hari biasa malah ketika bulan puasa ada. Bisa dibilang menu buka puasa diatas sangat langka dengan kondisi Ramadhan Kareem yang pas makin sempurna rasanya.

Travelista.id

Previous articleTak Setinggi Everest, 4 Gunung ini Terkenal Hingga ke Surga
Next articleJajanan Buka Puasa yang Hampir Punah, Rasanya bikin Kangen!