Travelista – Drama Korea memang sangat dinantikan oleh para pecinta drakor seluruh dunia. Ceritanya disaji sangat memukau dan membuat sebagian orang ketagihan untuk menonton drakor.

Padahal durasi dari film drama korea biasa kita sebut drakor sendiri bisa 60 menit hingga 90 menit setiap episodenya. Setiap satu serial berjumlah 10 sampai 16 episode. Alur cerita sendiri memang membuat kita semakin penasaran sampai berjam-jam menonton drakor.

Di tahun 2021 sendiri ada drakor yang menurut beberapa orang ini sangat recomended untuk di tonton, namanya Hometown Cha-Cha-Cha. Yang kita bahas disini bukan tentang film itu gimana ceritanya tetapi tentang pemilihan Desa fiktif bernama Gongjin yang menyimpan pemandangan laut yang indah dan bersih.

Gongjin adalah nama desa fiktif yang dipakai dalam drama Hometown Cha Cha Cha yang berlokasi di Provinsi Gyeongsang Utara, Kota Pohang, Korea Selatan. Kota ini terletak di pinggiran laut yang memiliki luas keseluruhan 105,663,000m2 dengan wilayah darat seluas 2,011,000m2 dan lautan 103,652,000m2.

Beberapa spot di Gongjin sangat memukai perhatian semua yang melihatnya. Mulai dari masuk hingga tatanan rumah penduduk disana sangat asri dan bersih.

1. Mercusuar Merah

Desa Fiktif Gongjin dengan Pemandangan Laut yang Indah
phoyo by google

Disini menjadi titik lokasi pertama Kepala Hong dan Dokter Ji bertemu, lokasinya sangat menunjang karena kanan kiri dari mercusuar ini sendiri adalah laut Wolpo.

Tempat ini berada di Seokbyeong-ri, Guryongpo-eup, Nam-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

2. Pantai Wolpo

7 Fakta Gongjin Tempat Tinggal Hong Banjang di Drakor Hometown Cha-Cha-Cha,  Desa Fiktif di Pohang - Halaman 3 - Tribunjogja.com
photo by google

Adegan ini pertama kali Dokter Ji kecil foto keluarga dengan latar pantai lalu di foto oleh kakek Kepala Hong dan saat itu juga Kepala Hong dan Dokter Ji bertemu dengan tidak sadar ketika keduanya kecil.

Pantai Wolpo memiliki panjang 900 meter, lebar 70 meter dan luas total 107.786 meter persegi.

Lokasinya berada di 2394 Beon-gil, Haean-ro, Chungha-myeon, Buk-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

3.Pelabuhan Perikanan Yangpohang

13 Wisata Kota Pohang, Lokasi Syuting Drama Hometown Cha-Cha-Cha Halaman  all - Kompas.com
photo by google

Adegan saat Dokter Ji bertemu dengan 3 nenek asal Gongjin yang kebetulan lagi bekerja untuk mencuci cumi. Dokter Ji yang sebelumnya warga kota Seoul pertama kalinya mengupas dan mencuci cumi.

Dalam aslinya pelabuhan ini adalah spot memancing yang banyak sekali ikan segar, cumi dan udang hasil laut sana.

Lebih tepatnya lokasi ini berada di Yangpo-ri, Janggi-myeon, Nam-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

4. Pasar Chungha

7 Potret Tempat Syuting Hometown Cha-Cha-Cha yang Ikonik
photo by google

Pasar Chungha adalah nama sebenarnya dari pasar di daerah Cheongjin-ri di Pohang yang menampung “toko fiksi” yang digunakan dalam drama ini termasuk Pasar Gongjin, Toko Binatu Gongjin, Bora Supa (Supermarket), Kafe ‘di Tengah Hari dan Bir di Cahaya Bulan’, Landmark Desa Tepi Laut Gongjin (Monumen Cumi-Cumi), Toko Perangkat Keras Cheongho, Toko Buku dan Alat Tulis Gongjin, Toko Biji-bijian Beras Gongjin, dan Susu Gongjin.

Lokasi ini bertempat di 200 Beon-gil 6, Chungha-ro, Chungha-myeon, Buk-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

5. Klinik Gigi Yoon Hye Jin

Destinasi Wisata di Lokasi Syuting 'Hometown Cha Cha Cha' - OKEMOM
photo by google

Klinik Gigi Yoon Hye Jin jika di ceritakan awalnya hanya bangunan kosong lalu Dokter Ji menyewa tempat tersebut untuk praktek sebagai dokter gigi disana.

Lokasi asli dari klinik gigi Yoon Hye Jin adalah puskesmas setempat, namun pemandangannya langsung kelihatan laut yang menerjang indah.

Jika ke Korea Selatan kalian ingin mengunjungi tempat ini, lokasinya berada di 429 Cheongjin-ri, Chungha-myeon, Buk-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

6. Balai Kota Gongjin (Gongjin Town Hall)

Hometown Cha-Cha-Cha Season 1 Episode 2 recap
photo by google

Lokasi ini sering dijadikan tempat berkumpul para warga Gongjin jika ada even atau pesta rakyat.

Lokasi ini jika hanya berjarak 2 menit jika berjalan kaki dari rumah Hong Du Sik. Lokasi ini beralamat, 207 Ilchul-ro, Guryongpo-eup, Nam-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

7. Puncak Mugeonbong Sabang

Hometown Cha-Cha-Cha' script becomes bestseller online
photo by google

Di spot sempat ada momen lucu. Bayangkan kapal berada di bukit tinggi, kapal tersebut milik kakek Du Sik yang sengaja diabadikan di tengah bukit yang mempunyai pemandangan langsung ke laut.

Lokasi ini bertempat di 1801 Haean-ro, Heunghae-eup, Buk-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan atau berjarak 2 menit berkendara dari Klinik Gigi Yoon Hye Jin untuk sampai ke kaki bukit.

Travelista.id

Previous articleTak Sekedar Tinggi, Berikut 4 Gedung Berarsitektur Unik di Indonesia
Next articlePerumahan Citoh Sering Disatroni Maling, Pakar Hukum Kritik Polres Bogor