Travelista – Kereta Api menjadi salah satu transportasi umum yang menjadi dominan disukai hampir seluruh masyarakat Indonesia. Menjadi transportasi darat paling cepat dan pastinya tidak terkena macet, biayanya murah dan juga memiliki fasilitas yang memadai.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada hampir puluhan stasiun yang masih beroperasi sampai saat ini. Ada yang dibangun pada saat masa penjajahan Belanda dan ada juga dibangun sekarang karena perkembangan pesat.

Tidak heran jika beberapa stasiun di Indonesia sendiri memiliki sejarah dan cerita misteri didalamnya. Berikut 5 stasiun yang sudah menjadi cerita masyarakat karena keangkerannya.

Stasiun Manggarai, Jakarta

Stasiun Manggarai Jadi Stasiun Sentral pada 2025, Aksesnya Bakal Diperluas  Halaman all - Kompas.com
photo by kompas.com

Gerbong-gerbong tua yang tidak layak jalan di simpan di Stasiun Manggarai, Jakarta Timur, yang telah digunakan sejak 1918. Beberapa di antaranya mengalami kecelakaan, sementara yang lain sudah tidak layak.

Padahal, ada lahan terlantar yang cukup luas untuk menampung sejumlah tragedi kereta api sebelumnya, termasuk tragedi Bintaro yang merupakan kecelakaan kereta api paling mematikan di Indonesia dan memberi ruang bagi ratusan orang.

Stasiun Manggarai angker karena ini. Sering ada hal-hal aneh di sana yang ditemukan penduduk setempat. dimulai dengan munculnya makhluk tak kasat mata dan diakhiri dengan suara-suara. Yang paling aneh adalah di Stasiun Manggarai, anak-anak bisa terlihat bermain di tengah malam.

Stasiun Purwakarta

Kereta Api ke Purwakarta - Jadwal, Rute, Harga Tiket, & Info KA | Traveloka
photo by traveloka.com

Memang benar Stasiun Purwakarta memiliki makna sejarah yang signifikan dalam perjuangan bangsa Indonesia. Pada 27 Desember 1902, stasiun yang dibangun pada masa penjajahan Belanda itu dibuka.

Stasiun ini terus diselimuti misteri, terutama mengingat banyaknya laporan dari penduduk setempat tentang penampakan makhluk gaib.

Masyarakat umum berpikir bahwa beberapa penampakan hantu terhubung ke gerbong tertentu yang telah menjadi saksi bisu tragedi mengerikan. Bahkan ada cerita masyarakat yang pernah terdengar sekarang.

Ada satu kereta api baru akan memasuki Stasiun Purwakarta di tahun 1988 ketika beberapa pemuda yang masih mengonsumsi alkohol tanpa sadar diseret oleh kereta api yang mendekat. Para korban diduga tidak ditemukan secara utuh, menurut berita dan penduduk setempat! Sejauh ini, ada banyak laporan tentang individu tanpa kepala, menangis, dan hal-hal semacam itu.

Stasiun Ketanggungan Barat, Brebes

Stasiun Ketanggungan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
photo by wikipedia.com

Stasiun ini tidak memberikan kesan seram jika dilihat hanya dari segi fisiknya saja. Namun, jika kita melihat masa lalunya, mungkin stasiun ini sesuai dengan cerita penduduk tentang kisah-kisah horor saat ini.

Pasalnya, musibah kereta api luar biasa yang terjadi di stasiun ini dan menewaskan sekitar 45 orang. Sejak saat itu, stasiun Brebes ini mulai sedikit meresahkan.

Bau darah segar seperti baru saja terjadi kecelakaan kerap tercium oleh penumpang. Selain itu, sering ada suara menakutkan yang dapat didengar di malam hari, seperti tangisan dan suara memohon bantuan.

Stasiun Kota Lama, Malang

Stasiun Malang Kota Lama | JavaneseTrans Solusi Transportasi Di Batu Malang
photo by javanese.com

50 orang tewas dalam bencana kereta api besar yang terjadi pada tahun 1981 ketika sebuah kereta api yang meninggalkan Stasiun Kota Lama bertabrakan dengan sebuah bus. Bus terseret beberapa meter dari posisi awalnya sebagai akibat dari kecelakaan itu, seperti yang Anda lihat.

Bahkan setelah korban ditemukan, mayat ditemukan di toilet umum, mengubah toilet itu menjadi surga bagi makhluk licik yang memikat penonton! Selain itu, ada kisah tentang kereta yang berjalan tanpa pengawasan tanpa pengemudi dan menghancurkan tempat tinggal di dekat stasiun.

Stasiun Poncol, Semarang

Stasiun Semarang Poncol - Halaman all - TribunJateng Wiki
photo by tribunnews.com

Sepasang suami istri yang mengaku menyaksikan sekelompok orang berbaju putih langsung melintas di jalur kereta di Stasiun Poncol menjadi sumber cerita seram tersebut. Suami istri ini mengendarai sepeda motor tengah malam, tepat di sebelah rel kereta api. Pasangan itu baru saja kembali dari toko kelontong ketika mereka dikejutkan oleh sekelompok orang dengan pakaian putih dan wajah pucat. Di luar sedang hujan ringan. Keduanya berhenti tiba-tiba setelah dimulai. Diyakini bahwa orang-orang yang mengenakan pakaian putih terlibat dalam kecelakaan kereta api.

Previous article10 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2022
Next article5 Rekomendasi Outfit Batik untuk Traveling