sumber foto : idn.times

Ternyata Sangat Indah dan Mempesona

Travelista – Bayangkan jika anda berlibur ke pulau yang tidak berpenghuni, sudah pasti merasakan suasana yang seram dan sepi. Di Indonesia sendiri mempunyai berbagai pulau dari Sabang hingga Merauke mulai pulau kecil hingga yang besar. Hampir 70% pulau yang berada di Indonesia tidak berpenghuni.

Menariknya pulau misterius yang berada di Indonesia mempunyai keindahan dan pesona alam yang luar biasa bagusnya sehingga menjadi daya tarik untuk berkunjung kesana. Penasaran pulau apa saja yang tidak berpenghuni di Indonesia?

Berikut beberapa deretan pulau tidak berpenghuni di Indonesia menurut Travelista:

1. Pulau Intata

Image result for pulau intata

Yang pertama ada Pulau Intata. Pulau yang terletak di laut Sulawesi, pulau terluar Indonesia dan berbatasan langsung dengan perairan negara Filipina. Pulai Intata sangat eksotis di Indonesia karena masih sejuk dan asri, mempunyai perairan berwarna biru hijau tosca, pasirnya lembut dan putih bebas dari sampah.

Pulau Intata tidak mempunyai penginapan dan resort karena pulai ini benar-benar tidak ada orang sama sekali yang tinggal dan menetap disini.

2. Pulau Pombo

Image result for pulau pombo

Di provinsi Maluku terdapat pulau yang tidak kalah indahnya, Maluku banyak mempunyai pulau-pulau indah di sekitarnya. Namun jangan melupakan pulau Pombo, pulau Pombo terletak sekitar 5 kilometer dari pulau Ambon, Maluku Tengah. Dinamakan Pombo karena disana terdapat banyak salah satu spesies burung asli sana yang bernama burung Pombo.

Pulau Pombo tidak berpenghuni tetapi banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin berkunjung kesana untuk menikmati keindahan pulau Pombo. Pulau ini mempunyai perairan yang sangat jernih dan memiliki spot diving dan snorkeling yang tidak kalah indahnya.

baca juga : 5 Penginapan di Jakarta dengan Harga Merakyat

3. Pulau Pasumpahan

Image result for pulau pasumpahan

Pulau Pasumpahan mulai terdengar akhir-akhir ini dan sering dijadikan obrolan hangat para wisatawan. Pulau ini berada di sekitar perairan Padang, Sumatera Barat. Dahulu pulau satu ini tidak banyak orang yang tahu namun berkembangnya zaman akhirnya pulau ini sedikit demi sedikit dikunjungi oleh wisatawan.

Sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata karena pulau ini memiliki pasir putih yang bersih, masih asri. Di pulau ini juga mempunyai spot diving dan snorkeling yang luar biasa bagus, terdapat terumbu karang dengan berbagai jenis ikan-ikan di dalamnya.

4. Pulau Selayar

Image result for pulau selayar

Pulau Selayar terletak di seberang utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pulau ini sering dijuluki surga tersembunyi karena pulau ini tidak berpenghuni namun menyimpan keindahan perairan yang luar biasa.

Perairan pulau Selayar memiliki biota bawah laut yang  di penuhi berbagai  jenis ikan, siput laut, terumbur karang yang masih kokoh dan subur. Banyak juga dijumpai beberapa penyu yang menempati pulau ini untuk berkembang biak sehingga panorama bawah laut pulau tidak berpenghuni ini sangat dilindungi dan dijadikan taman Nasional Takabonerate.

5. Pulau Nipa

Image result for pulau nipa

Pulau tidak berpenghuni terakhir berada di pulau terluar Indonesia yaitu pulau Nipa. Pulau yang berada sekitar perairan Batam, Kepulau Riau, dan berbatasan dengan perairan negara Singapura.

Pulau Nipa jarang terjamah oleh banyak orang karena pulau ini sekitar tahun 2000an nyaris tenggelam karena penambangan pasir yang berlebihan oleh Singapura. Akhirnya pulau ini tidak berpenghuni namun dijaga ketat oleh Tentara Nasional Indonesia agar tidak terjadi penambangan pasir oleh negara lain secara ilegal dan tidak mendapat izin dari Indonesia.

Sobat Travelista sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga akan kekayaan negeri kita ini. Jangan sampai ada pulau yang tidak diketahui oleh kita di jamah oleh negara lain dan di salah gunakan. Selalu menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang berlimpah. Jangan lupa juga untuk dikunjungi sesekali waktu jika ada waktu. Semoga bermanfaat.

Travelista.id

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here