Travelista РHutan beton merupakan julukan bagi kota-kota besar yang terdapat gedung  pencarkar langit. Di Indonesia, gedung-gedung bertingkat tinggi ini banyak bertebaran, khususnya di kota metropolitan. Tingginya bangunan yang berdiri kokoh secara selaras menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kalangan.

Dengan akal dan kreativitas yang terus berkembang, manusia mampu merancang desain arsitektur bangunan tinggi yang unik serta menarik. Bahkan, di antaranya menjelma sebagai salah satu gedung tertinggi se-Asia. Hasil karya anak bangsa yang berkolaborasi dengan arsitek mancanegara patut diacungi jempol. Gedung mana saja kah yang memiliki arsitektur unik? Berikut daftarnya kami sajikan untuk Anda.

1. Gedung Wisma BNI 46

Photo by Google

Menjadi ikon gedung tertinggi di Indonesia selama 2 dekade, Wisma BNI 46 berdiri tegak di tengah hiruk pikuk Kota Jakarta, tepatnya berada di Jl. Sudirman. Bangunan vertikal yang satu ini memiliki desain unik yang menyerupai setangkai pena setinggi 261,9 meter dengan 48 lantai. 

Gedung Wisma BNI 46 dirancang khusus oleh Zeidler Robets Partnership dan DP Architects. Mulai berdiri pada tahun 1996, bangunan yang satu ini tercatat sebagai gedung tertinggi ke-147 di dunia dan ke-2 di Asia. Keindahan arsitektur gedung yang satu ini terlihat dari dasar lantai hingga puncak gedungnya.

2. Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar

Photo by Google

Biasanya, gedung-gedung tinggi indentik dengan perkantoran. Namun, di Pulau Sulawesi terdapat kampus yang memiliki bangunan tinggi yang dipadu dengan desain nyentrik. Menara Pinisi namanya, bangunan yang satu ini milik Universitas Negeri Makassar dan terdiri dari 17 lantai.

Bentuk menara yang satu ini terinspirasi dari perahu pinisi, simbol khas masyarakat Bugis. Dirancang khusus oleh Yu Sing, kampus ini didesain dengan konsep pendalaman kearifan lokal yang dipadukan dengan teknologi modern terkini.

Tak hanya cantik, Menara UNM ini menjadi gedung pertama di indonesia yang menggunakan sistem fasad hiperbolic paraboloid sehingga pada malam hari lampu-lampu pada menara gedung di lantai 17 akan berkerlap-kerlip indah dengan 12 warna berbeda yang mewakili jumlah fakultas yang ada di kampus UNM.

3. Gedung Binus Alam Sutera

Photo by Google

Tak mau kalah dengan menara Pinisi Universitas Negeri makassar, gedung kampus Binus Alam sutera juga memiliki desain unik. Bangunan satu ini mengusung konsep ramah lingkungan dan hemat energi yang terdiri dari 22 lantai.

Sang perancang, Budiman Hendropurnomo sangat mengedepankan bangunan yang hemat energi. Hal ini bisa dilihat dari desain kotak-kotak pada gedung dengan banyak jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami. selain itu, kampus Binus juga memiliki sistem penampungan air hujan yang bisa dimanfaatkan untuk pengairan lanskap, toilet, dan sebagai kontribusi dalam mengatasi krisis air tanah.

4. Bakrie Tower

Photo by Google

Berdiri tegak di daerah segitiga emas Kota Jakarta, tepatnya berlokasi di Rasuna Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan Bakrie Tower berdiri tegak menjulang mencakar langit ibukota. Bangunan ini memiliki konsep unik dengan desain arsitektur campuran, yakni asimetris dan artistik.  Jika dilihat secara seksama, bangunan ini berbentuk silhouette dengan 48 lantai setinggi 216 meter. Dari lantai dasar hingga lantai 17, bangunan ini berputar searah jarum jam. Kemudian dari lantai 18 hingga 34 berbalik arah dan kembali lagi sesuai arah jarum jam dari lantai 35 hingga lantai 48.

Travelista.id