Travelista – Masjid adalah rumah tempat ibadah umat muslim yang ada di dunia. Tidak heran banyak beberapa masjid-masjid di Indonesia yang dibangun secara besar, megah dan mewah dengan harapan memenuhi kapasitas dan kenyamanan setiap jamaah yang melakukan ibadah.

Berikut lima masjid terbesar di Indonesia yang di rangkum oleh Travelista :

1. Masjid Istiqlal Jakarta

sumber karpetmasjid.co.id

Yang pertama ialah Masjid Istiqlal Jakarta. Siapa yang tidak tahu dengan mesjid ini, ya, masjid ini menjadi tempat ibadah terbesar di Indonesia bahkan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Masjid yang bisa menampung jamaah 200.000 orang, sungguh besar dan megah.

Baca juga: Lima Pilihan Coffee Shop Enak di Bintaro

Posisi dan letak masjid satu ini sangat unik karena berdekatan bahkan berhadap – hadapan dengan gereja Katedral Jakarta yang juga memiliki bangunan yang tidak kalah besar dan megahnya seperti masjid Istiqlal.

Baca juga : Empat Negara Destinasi Kuliner Halal

Masjid ini kerap mempunyai beberapa fungsi tidak hanya untuk tempat ibadah umat islam tetapi sering dijadikan tempat bertemunya tamu kehormatan negara, contohnya Raja Salman, Raja Arab Saudi tersebut sempat sholat dan berjalan–jalan sekitar masjid Istiqlal di temani Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo.

2. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Sumber Merahputih.com

Masjid yang terletak bagian barat paling ujung Indonesia ini tepatnya di Provinsi Aceh terdapat masjid yang tidak kalah besarnya. Masjid yang mempunyai banyak sejarah dan menjadi masjid kebanggan masyarakat Aceh. Masjid Raya Baiturrahman satu – satunya bangunan yang selamat dan tidak hancur oleh dampak bencana alam tsunami yang terjadi tahun 2004 dan memakan banyak korban.

Hingga sekarang masjid ini masih berdiri kokoh dengan renovasi sedikit bagian depan masjid yang terkena dampak tsunami. Jika kalian liburan ke Aceh wajib datang ke masjid besar satu ini. 

3. Masjid Kubah Emas Depok

Sumber Muslimpos.com

Masjid Dian Al – Mahri yang lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas yang berada di Depok Jawa Barat ini selalu ramai akan jamaah untuk mendatangin masjid tersebut, tidak hanya sekedar beribadah tetapi ramai dengan wisata religius. Bangunan yang dibangun sangat mewah dan megah yang dapat menampung lebih dari 20.000 jamaah di tanah seluas 70 hektar, dengan kubah emasnya yang mencirikan masjid ini sangat indah. Ukiran kaligrafi, lampu gantung dan pagar pembatasnya saja di lapisi emas.

“saya jauh – jauh dari Tasikmalaya bersama keluarga datang kesini untuk melihat keindahan masjid yang sangat terkenal mewahnya”, ucap Liman salah satu jamaah yang datang ke masjid Kubah Emas Depok.

4. Masjid An-Nur Riau

Sumber Cakalah.com

Masjid yang terletak di Pekanbaru Riau ini tidak kalah besar dan indahnya. Masjid An – Nur sendiri telah ada sejak tahun 1963, sudah hampir 56 tahun umur dari masjid tersebut. Masjid yang mempunyai desain bangunan seperti Taj Mahal di India, sehingga tak lekas banyak masyarakat menyebutnya Taj Mahal ala Indonesia.

Masjid ini di rancang oleh seorang arsitektur bernama Ir. Roseno, yang dapat menampung hingga 4.500 jamaah. Masjid An – Nur memiliki berbagai fungsi fasilitas pendidikan mulai dari playgroup, taman kanak – kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, perpustakaan hingga aula untuk biaya di sewakan untuk acara pernikahan dll. Hebat banget ya masjid ini sangat bermanfaat sekali.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Sumber Selarasmedia.com

Yang terakhir nih guys ada masjid Agung Jawa Tengah yang tepatnya berada di Kota Semarang. Masjid yang di resmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menarik perhatian banyak pihak, karena masjid ini memiliki nuansa ala Masjid Nabawi.

Di sekitar area masjid tersebut terdapat enam payung besar dan tinggi yang hampir persis sama seperti di Masjid Nabawi. Masjid Agung Jawa Tengah dapat menampung hinggal 15.000 jamaah. Jika kalian berkunjung ke Kota Semarang jangan lupa mampir ya guys ke masjid satu ini.

Sobat Travelista kira – kira mau berkunjung ke Masjid apa nih ? jika kalian berkunjung ke kota – kota yang mempunyai masjid besar dan megah ini jangan lupa berkunjung. Semoga bermanfaat sobat Travelista.

Editor : Jehan

Travelista

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here