Source Tribunews.com, Nasi kapau Jakarta Pusat

Racikan Sederhana Jadi Kunci Kenikmatan Kopi Es Tak Kie

Travelista – Sebagai pusat pemerintahan Indonesia, DKI Jakarta banyak menyajikan aneka kuliner lezat dan mempunyai ciri khas di setiap warungnya. Sebagai tempat dengan keberagaman yang tinggi, Jakarta menawarkan berbagai kuliner nikmat dari seluruh pelosok Indonesia. Berikut Lima Warung yang wajib kalian harus kunjungi.

1. Gado-gado Cemara

IDNTimes.com, Gado-Gado Khas Jakarta

Gado-gado adalah salah satu kuliner khas dari Kota Jakarta. Dari sebagian khas Jakarta itu tersimpan lah warung gado-gado favorit yang ada di Jakarta yakni, gado-gado Cemara. Tempat kuliner yang satu ini dibuat sejak tahun 1947 dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Awalnya, warung gado-gado ini memang terletak di Jalan Cemara, akan tetapi pindah ke daerah Pasar Boplo kemudian pindah lagi ke daerah Jalan Wahid Hasyim dan terakhir bertahan di daerah Tanah Abang.

Kemudian, apa sih Rahasia kelezatan dari Gado-gado Cemara ini? Jadi, nikmatnya gado-gado ini ada pada bumbu kacangnya yang terasa gurih dan ringan. Bumbunya juga tidak terlalu kental karena menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya dengan sedikit kacang mete sebagai penyedap rasa dan aroma. Kelezatan bumbu kacang tersebut dipadu dengan sayur-sayuran yang direbus dengan tingkat kematangan yang pas.

Baca juga : Tiga Tempat Kuliner Asik Sesuai Kantong Ala Anak Jaksel

2. Tahu Pong Semarang

Source OkeZone.com, Tahu Pong Semarang

Tahu pong merupakah salah satu kuliner khas Kota Semarang yang berdiri sejak tahun 1930-an. Kuliner ini adalah satu dari banyaknya hidangan hasil perpaduan antara budaya peranakan dan budaya Jawa.

Baca juga : Siapa Orang Pertama yang Terdaftar Sebagai Driver Gojek? Ini Orangnya!

Kata pong sendiri diambil dari kata kopong atau kosong. Irisan tahu kosong tersebut biasanya disajikan dengan gimbal (mirip dengan bakwan), Kemudian tahu emplek yang merupakan tahu yang lebih padat. Irisan tahu pong dan bahan pelengkap lain biasa dimakan dengan menggunakan kuah petis dengan rasa bumbu yang sesuai dengan porsinya. Jika Anda ingin menikmatinya, tinggal datang aja ke jalan Hayam Wuruk, Harmoni, Jakarta Pusat.

3. Ketan Susu Kemayoran

Source garnesia.com, Ketan Susu Kemayoran

Jika Anda menyukai ketan, kalian rugi jika tidak mencicipi ketan susu bapak kemayoran. Kenapa? karena, ketan yang dihidangkan bapak Sudarja berbeda pada umumnya, biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut. Namun, berbeda dengan ketan yang disajikan di warung ketan susu bapak Sudarja yang berada di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Beliau menyajikan dengan susu kental manis.

4. Begor Pondok Suryo

Source Fimela.com, Bebek Goreng

Bagi penikmat bebek goreng, tempat kuliner Jakarta atau lebih tepatnya di jalan Suryo No. 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Karena bebek goreng pondok suryo terkenal dengan menu bebek gorengnya yang garing di luar, tetapi lembut di bagian dalamnya. Bumbu yang digunakan juga benar-benar meresap sampai ke dalam daging.

Nasi yang tersedia di tempat ini unik, yaitu di dalam cobek yang sudah diberi sambal. Menu favorit di tempat ini adalah paket bebek goreng yang sudah terdiri dari nasi cobek (nasi putih atau nasi uduk), bebek goreng, tahu, tempe, teri, dan sayur asem. Jadi tunggu apa lagi, langsung eksekusi, keburu kehabisan nanti.

5. Es Kopi Tak Kie

Source Travelingyuk, Es Kopi Tak Kie

Pusat Pemerintahan, DKI Jakarta memang kaya akan kuliner orisinal dan melegenda. Selain kedai makanan, di negeri metropolitan ini tersimpan juga kedai minuman yang melegenda dan bertahan dari generasi ke generasi. Tempat ini bernama Kopi Es Tak Kie yang berada di kawasan Glodok.

Bangunan kedai yang sudah berumur menambah kesan klasik dan memberikan karakter tersendiri. Meskipun tergolong kedai tempo dulu, namun yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya orang tua saja, orang-orang muda pun terlihat sering terlihat santai mengobrol sambil menikmati kopi es yang menjadi menu andalan kedai ini.

Serbuan kedai kopi modern ternyata tak menggoyahkan kemasyuran kedai Kopi Es Tak Kie. Terbukti, hampir setiap hari pelanggan setia kopi Es Tak Kie ramai dikunjungi oleh anak-anak kopi saat ini. Selain kopi es, ada pula kopi susu di kedai ini.

Cara meracik kopi di kedai ini sangatlah sederhana. Tapi, dari racikan sederhana inilah, rasa kopi yang segar, manis, dan wangi tercipta. Hidangan kopi di tempat ini bisa dibilang memiliki rasa yang sangat jujur sebab diolah dengan cara sederhana tanpa campuran yang aneh. Jadi, bagi Anda pecinta Kopi, belum lengkap kalau belum mencicipi kopi Es Tak Kie ini.

Travelista

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here