Selatah Kejadian Tsunami, Source KataData.id

Travelista – Bencana merupakan rangkaian peristiwa yang menimbulkan kerusakan besar bagi sekelilingnya. Namun, seiring berjalannya waktu, tempat-tempat yang dulunya mengalami kerusakan, akhirnya bisa dimanfaatkan menjadi destinasi tempat wisata alam. Berikut lima tempat wisata yang dulunya terkena bencana Alam.

1. Lumpur Lapindo, Siduarjo

Source IDNTimes.com

Sudah 13 tahun berlalu, masyarakat Porong Sidoarjo mengalami semburan lumpur lapindo yang menenggelamkan 16 desa. Warga yang kehilangan mata pencaharian, hanya bisa pasrah dan menunggu bantuan dari pemerintah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu. Masyarakat Siduajo berinisatif dengan menjadikan tempat itu sebagai destinasi wisata alam.

Yang terbaru adalah Pulau Sarinah, pulau yang memperlihatkan endapan lumpur lapindo yang sudah mengering. Kini ditanami berbagai tumbuhan bakau dan hebatnya tumbuh! Mungkin ini layak disebut keajaiban. Jadi, Anda tidak akan rugi deh main ke sini, selain sebagai bentuk dukungan kepada perekonomian warga. Anda juga membantu masyarkat Siduarjo yang kini hanya menggantungkan hidupnya ke sektor wisata.

2. Tsunami, Aceh

Kapal Apung Lampulo, Source ksmtour.com

Kita tentu masih ingat dengan duka di penghujung tahun 2004 silam. Lebih dari 230.000 orang tewas usai gempa sebesar 8,3 skala richter di Laut Samudera Hindia memicu tsunami di 14 negara. Kemudian Indonesia adalah negara yang paling parah terkena dampaknya. Tsunami setinggi 9 meter memakan kurang lebih 197.000 korban jiwa.

Untuk mengenang peristiwa itu, pemerintah pusat akhirnya membuat tempat wisata. Salah satunya, kapal di atas rumah (Boat On The Roof). Kapal apung Lampulo adalah salah satu dari kapal nelayan yang terhempas menabrak diatas rumah warga. Jadi, bagi kalian yang ingin melihat peninggalan bencana Tsunami Aceh, Anda bisa langsung dateng ke Punge Blang Cut, kota Banda Aceh.

3. Gunung Merapi, Yogyakarta

Source Tripadvisor.ca

Letusan Gunung Merapi tahun 2010 silam termasuk letusan terdahsyat dari gunung berapi teraktif di dunia. Pasalnya, Lava pijar dan awan panas yang muncul, lebih awal daripada perkiraan yang diberikan BMKG Indonesia. Alhasil membuat sedikitnya 353 orang tewas, termasuk juru kunci Mbah Maridjan. Tak mau terpaku duka terlalu lama, masyarakat Yogya menjadikan sisa-sisa letusan Merapi sebagai destinasi wisata.

Salah satunya, Lava Tour Merapi, disana Anda bisa menjelajahi padang pasir yang luas itu dengan menggunakan Jeep Willys. Kamu juga akan diajak singgah ke beberapa lokasi menarik mulai dari Kaliurang, Kinahrejo, Kalikuning, hingga bunker Kaliadem. Anda juga bisa mengunjungi rumah sekaligus makam Mbah Maridjan. Terakhir, hal wajib yang harus dikunjungi adalah Museum Sisa Hartaku.

Travelista.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here