Pulau Bangka, Source TravelKompas.com

Meski Bekas Penggalian Timah, Bangka Tetap Miliki Air Jernih dan Indah

Travelista – Bangka adalah pulau terluas di Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini memiliki luas 11.910 km² dan populasi 789.809 jiwa. Keindahan tempat wisata baharinya yang selalu membuat pengunjungnya berdecak kagum.

Jika Anda memiliki rencana liburan ke pulau Bangka, sayang rasanya bila tidak mengunjungi tempat-tempat wisata yang bernuansa air, seperti danau, pantai dan hutan. Berikut tempat-tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke pulau Bangka.

1. Danau Kaolin

Danau Kaolin Source GoSumtra.com

Tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi adalah Danau Kaolin. Karena danau ini paling terkenal di pulau Bangka. Danau ini terbentuk, akibat penggalian tambang timah. Setelah kandungan timahnya habis, danau ini menciptakan warna langit biru yang sangat indah.

Selain danau yang berwarna biru, danau ini juga ada berwarna hijau. Hal ini menambah daya tarik pengunjung untuk datang ketempat ini. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam Danau Kaolin saat sore hari. Karena, Anda bisa menunggu matahari terbenam sambil berswafoto untuk menikmati pemandangan yang sangat indah.

Baca juga : Perbedaan Anak Gunung dengan Anak Pantai

2. Timah Aek Ketok

Source Travelingyuk.com

Tempat wisata lainnya yang tak kalah mempesona dari Danau Kaolin adalah Aek Ketok. Sebab, Danau Kaolin memiliki dinding berwarna putih, sedangkan Aek Ketok memiliki dinding berwarna agak kemerahan.

3. Bangka Botanical Garden (BBG)

Source Akuliburan.com

Pulau Bangka yang banyak meninggalkan bekas penggalian timah, tentu memberikan luka tersendiri terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Namun, dengan adanya Bangka Botanical Garden (BBG), seolah menjadi angin segar bagi masyarakat Bangka.

Terletak di daerah Ketapang, Kota Pangkal Pinang, BBG memiliki luas lahan yang besar, yaitu 300 hektar. BBG pun menjadi salah satu ikon agrowisata di Pulau Bangka yang wajib dikunjungi. Sebab, Anda bisa menikmati hutan pinus yang cantik di tengah panasnya Bangka.

Baca juga : Jauh Menelik, Indahnya Pantai Flores Surganya Indonesia

4. Mangrove Munjang Kurau Barat

Source Travelingyuk.com

Selain BBG, di Bangka terdapat juga tempat wisata yang menawarkan nuansa hijau alami dari pohon bakau, yaitu Mangrove Munjang Kurau Barat. Ditempat ini Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru. Seperti meniti jembatan gantung saat menyeberangi sungai kawasan Mangrove.

Jika Anda ingin melihat hutan mangrove dari jarak yang dekat, Anda menyewa perahu di area hutan tersebut. Selama perjalanan, kamu akan menjumpai beberapa satwa eksotis seperti ular, burung, dan berbagai jenis air ikan tawar lainnya.

5. Pantai Matras

Source Triptrus.com

Tempat wisata lainnya yang sangat direkomendasikan adalah Pantai Matras. Pantai ini merupakan tempat terpanjang yang ada di Bangka. Jadi saat Anda ke sini, Anda akan disajikan pemandangan lautan yang sangat indah.

Untuk mendatangi tempat ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Pangkal Pinang dengan kendaraan pribadi. Di pantai ini Anda bisa menikmati air laut yang biru, jernih, dan menawan. Selain itu, di sepanjang bibir pantai anda dapat menikmati pasir granit yang cukup indah dan menawan.

6. Pantai Dinding Batu Belinyu

Source Bangkatour.com

Wisata di Bangka dengan nuansa alam lainnya yang memukau adalah Pantai Dinding Batu Belinyu. Pantai yang terletak di Kecamatan Belinyu ini sangat wajib dikunjungi, karena kamu bisa melihat batu granit yang besar dengan tegaknya.

Di bagian depan batu dinding, Anda akan menjumpai batu paru yang memiliki kemiripan ikan pari. Selain itu ada juga batu kodok yang berada di sisi samping batu dinding.

Travelista.id

Previous articleTiga Resto Romantis dan Hemat di Indonesia
Next articleTiga Tempat yang Terkena Bencana, Kini jadi Destinasi Wisata