Photo by Google

Travelista, Jakarta – Apakah Anda seorang pengemar dari Youtuber Fiki Naki? Jika iya, tentu Anda mengenal gadis cantik yang bernama Dayana. Kisah percintaan dua sejoli ini bermula Ketika Fiki Naki membuat konten Ome TV dan secara tidak sengaja bertemu dengan Dayana.

Dayana merupakan gadis asal Eropa Timur, tepatnya di Kazakhstan. Berbicara soal Kazakhstan, negara yang satu ini memang terkenal sebagai penghasil wanita cantik. Terlepas dari itu, sebenarnya terdapat beberapa fakta mengejutkan tentang Kazakhstan.

Baca juga: Seperti Jepang, Lokasi Wisata ini Ternyata ada di Indonesia

Kendati masih asing bagi sebagian orang, sebenarnya Kazakhstan merupakan negara terluas di dunia, bahkan masuk ke dalam daftar 10 negara terluas di dunia.

Selain itu, masih terdapat fakta menarik lainnya. Apakah itu? Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

1. Negara Pertama yang Meluncurkan Satelit

Fakta mengejutkan pertama dari Kazakhstan, yakni menjadi negara pertama yang meluncurkan Satelit Sputnik-1. Satelit ini merupakan satelit buatan pertama yang diluncurkan oleh manusia. Satelit ini diluncurkan oleh Uni Soviet pada 4 Oktober 1957 di kosmodrom Baykonur. Kazakhstan.

Selain sebagai negara pertama yang melucnurkan satelit, Kazakhstan juga menjadi negara pertama yang mengirim manusia ke luar angkas, yang bernama Yuri Gagarin.

2. Memiliki Angkatan Laut Meski Tidak Berbatasan dengan Laut

Fakta mengejutkan Kazakhstan berikutnya yakni memiliki Angkatan Laut kendati dikenal sebagai negara yang terkurung daratan terbesar di dunia. Markas Angkatan laut Kazakhstan terletak di Laut kaspia.

Usul punya usul, adanya Angkatan laut ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila diserang melalui jalur laut, oleh Rusia, Azerbaijan, Iran, Hingga turkemistan. Unik ya Sobat Travelista.

3. Memiliki Beragam Etnis dari Berbagai Negara

Fakta mengejutkan berikutnya dari Kazakhstan yakni menjadi negara terpadat di dunia yang memiliki beragam etnis. Perlu Anda tahu, perwakilan 130 kebangsaan tinggal di negara yang satu ini.

Adanya keberagaman etnis ini disebabkan oleh letaknya yang berada tepat di tengah-tengah daratan benua Asia dan diapit oleh negara besar seperti Rusia, Tiongkok, serta Mongolia, termasuk negara-negara di Timur Tengah dan negara berakhiran Stan lainnya.

4. Negara yang Memiliki Peluncuran Luar Angkasa

Kazakhstan menjadi salah satu negara yang memiliki fasilitas peluncuran luar angkasa, tepatnya berada di bagian selatan Kazakhstan, yakni Cosmodrome dengan wilayah seluas 6.717 km persegi.

Lokasi ini menjadi kompleks peluncuran roket yang sangat besar, dan menjadi pusat antariksa pertama dan terbesar di dunia. Beberapa astronot terkenal di dunia pernah lepas landas di sini.

5. Negara Pecahan Soviet Pertama yang Sanggup Membayar Hutang

Informasi mengejutkan terakhir tentang Kazakhstan yakni menjadi negara pertama yang sanggup membayar hutang kepada Dana Moneter Dunia, atau International Monetery Fund (IMF). Kesanggupan Kazakhstan dalam membayar hutang ini terjadi pada tahun 2020.

Menariknya, meski tenggat waktu pembayaran masih ada 7 tahun lagi, namun Kazakhstan benar-benar berhasil membayar keseluruhan hutang negaranya.

Itulah beberapa fakta mengejutkan seputar Kazakhstan. Gimana, tertarik untuk singgah di sini dan bertemu Dayana?

Travelista

Previous articleSekolah Pelatih Terbaik di Dunia. Ternyata ada di Jerman
Next articledr. Marie Thomas, Sosok Inspirasi Sepanjang Masa