Travelista, Jakarta – Jepang merupakan negara Asia yang menyimpan berbagai keanekaragaman budaya, kuliner, serta wisatanya yang menakjubkan. Tentu banyak sekali wisatawan yang ingin berkunjung di Negeri Matahari Terbit ini.

Kendati Jepang menawarkan sejuta pesona, namun diperlukan biaya yang tak sedikit agar bisa berkunjung ke sana. Meski begitu, Anda tak boleh putus asa. Ternyata di Indonesia adalah lho tempat wisata yang serupa dengan pemandangan di Jepang.

Nama tempatnya adalah kalinampu Natural Park yang terletak di ujung Selatan Yogyakarta, tepatnya berada di Dusun Kalinampu, Desa Seloharhjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Jawa Tengah. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung kesini, maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan hasil kolaborasi tepian sungai yang dihiasi oleh tumbuhan air.

Baca juga: Berikut Jenis-jenis Ikan Cupang di Indonesia

Tak berhenti sampai di situ, pesona Kalinampu Natural Park sebagai destinasi wisata “ala Jepang” juga dilengkapi dengan tempat-tempat untuk berselfieria yang jika dilihat Nampak seperti di Jepang.

Kalinampu Natural Park pertama kali dijadikan tempat wisata oleh Karang Taruna Dusun Kalinampu. Para pemuda ini melihat adanya potensi wisata di tanah kelahirannya, sehingga Bersama-sama mereka mengelolanya menjadi wisata rasa Jepang.

“Kami menawarkan pemandangan yang masih alami, bunga Enceng Gondok dengan bentangan yang cukup luas,” ucap Anang Taufiq, selaku anggota Karang Taruna Dusun Kalinampu, seperti yang dilansir Kompas.com.

Fasilitas Kalinampu Natural Park

Dalam menarik wisatawan, pengelola Kalinampu Natural Park tak hanya menawarkan spot berfoto saja, tapi juga lengkap dengan pakaian khas Jepang, yakni Kimono. Bagi para pengunjung Kalinampu, Anda bisa menyewa Kimono agar semakin terasa aroma Jepangnya.

Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan mengelilingi aliran sungai dengan menggunakan perahu kecil yang telah disediakan. Dengan begitu, hasil foto akan jadi lebih sempurna dan menakjubkan.

Akses Menuju Kalinampu Natural Park

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung di Kalinampu Natural Park, Anda bisa mengambil arah Selatan ke Jalan Parangtritis. Kemudian, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk info lebih lengkapnya.

Estimasi waktu tempuh dari Parangtritis menuju Kalinampu Natural Park memakan waktu hanya 40 menit berkendara.

Ingat, tentukan tanggal keberangkatan di momen yang tepat. Sebab, Kalinampu Natural Park tak selamanya dihiasi oleh bunga-bunga cantik. Waktu yang tepat untuk berkunjung di tempat ini adalah Bulan Desember, di mana bunga-bunga sedang mekar-mekarnya.

Travelista