Travelista, Jakarta – Ikan cupang atau yang bernama latin Betta Splendens, kini tengah menjadi buruan pecinta ikan hias di Indonesia. Di keadaan pandemi seperti sekarang ini, membuat permintaan ikan hias, terutama cupang meningkat di pasaran.

Bukan tanpa alasan, sebab di masa pandemi seperti sekarang ini, orang-orang mencari hobi baru dikarenakan adanya Batasan aktivitas di luar rumah. Selain itu, cantiknya warna serta beragam jenis ikan cupang menjadi alasan mengapa banyak orang jatuh hati dengan ikan yang satu ini.

Baca juga: Kejam! Berikut Hewan Asli Indonesia yang Punah Akibat Ulah Manusia

Secara umum, ikan cupang dibagi menjadi tiga golongan, yakni cupang hias, aduan, hingga cupang liar. Dan perlu diketahui, di Indonesia sendiri sudah banyak sekali jenis-jenis ikan cupang yang cantik nan menawan. Lantas, jenis apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini!

1. Fancy

Photo by Google

Cupang jenis fancy merupakan jenis yang memiliki warna. Dengan kombinasi warna yang cantik, ikan cupang fancy sangat anggun dipandang. Tak heran, kini cupang jenis ini tengah menjadi buruan dan harganya cukup tinggi.

Di pasaran, kini harga cupang fancy berkisar mulai dari Rp 100.000 hingga jutaan. Patokan harga dari cupang jenis ini dilihat dari kombinasi warna yang ada. Semakin cantik warnanya, maka semakin mahal pula harganya.

2. Dumbo Ear

Photo by Google

Ikan cupang jenis ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan jenis ikan cupang yang ada. Sebab, pada cupang jenis ini memiliki sirip yang lebar menyerupai kuping gajah. Kendati begitu, keanehan sirip yang dimiliki cupang dumbo ear menjadi keunikan tersendiri bagi para pecintanya.

Di Indonesia, jenis ikan dumbo ear dipatok dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung dari besarnya sirip yang dimilikinya. Biasanya, semakin besar sirip yang dimiliki, semakin tinggi harga yang dipatoknya.

3. Serit

Photo by Google

ikan cupang serit merupakan salah satu jenis ikan cupang asli Indonesia. Ya’ni Ahmad Yusuf merupakan orang pertama di dunia yang berhasil memproduksinya dan dipopulerkan ke manca negara oleh Henry Gunawan.

Ikan serit atau yang biasa disebut crowntail ini memiliki berbagai macam jenis, mulai dari serit tunggal, dua tunggal, empat tunggal, delapan tunggal, serit balon, dan yang paling istimewa adalah raja serit.

4. Halfmoon

Photo by Google

Di antara jenis cupang yang ada, jenis halfmoon adalah yang paling cantik di dunia. Jenis cupang ini dinamakan halfmoon karena bentuk ekornya membulat layaknya sebuah bulan. Kendati begitu, jenis cupang halfmoon rentan sekali mengigit ekornya sendiri dikarenakan stress.

Oleh karena itu, jenis cupang ini harus dirawat lebih intens guna mencegahnya mengigit ekornya sendiri. Jenis halfmoon juga dibagi menjadi berbagai macam, mulai yang biasa, hingga halfmoon rosetail.

5. Giant

Photo by Google

Di antara jenis cupang yang ada, jenis cupang giant adalah jenis yang memiliki ukuran paling besar. Bayangkan saja, ukuran badannya saja bisa mencapai 10-15 cm. kendati ukurannya besar, tak mengurangi kecantikan ikan ini.

Cupang giant tetap memiliki pesona yang indah karena terdapat berbagai varian jenis, mulai dari koi, fancy, serta yang lainnya.

Itulah beberapa jenis ikan cupang yang ada di Indonesia. Sebelum membeli, ketahuilah terlebih dahulu jenis-jenis cupang yang ada agar tahu, bagaimana cara perawatan yang tepat.

Travelista