Travelista – Tidak banyak yang tahu seorang wanita asal Indonesia sedang banyak dibincangkan berbagai media. Wanita ini menjadi Google Doodle hari ini, menampilkan sosok perempuan memakai jas dokter sedang menggendong bayi.

Perempuan yang penuh inspirasi itu bernama Marie Thomas. Beliau merupakan seorang dokter perempuan pertama di Indonesia. Pasalnya pekerjaan sebagai seorang dokter sangat mulia, karena menyembuhkan ratusan bahkan jutaan orang di dunia.

Profesi dokter sangat diidamkan. Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama sekaligus dokter spesialis obgyn pertama di Tanah Air. Bukti kiprahnya telah dibuktikan di Museum Kebangkitan Nasional.

Penasaran dengan wanita inspirasi satu ini secara lengkap? yuk simak beritanya!

Marie Thomas berasal dari Minahasa

Hasil gambar untuk marie thomas asal minahasa
sumber foto : google.com

Marie Thomas merupakan gadis asal Minahasa, Sulawesi Utara. Beliau lahir pada 17 Februari 1896. Beliau seorang dokter pertama di Indonesia, lulusan School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) atau sekolah kedokteran pada masa penjajahan Hindia Belanda. Lulusan dari STOVIA dikenal sangat cerdas karena pendidikan disana sangat baik, beberapa anak asal Indonesia banyak yang bersekolah disana hingga lulus.

Mayoritas yang bersekolah di STOVIA adalah laki-laki, hingga akhirnya ada dokter asal Belanda membawa perubahan pada STOVIA, memperbolehkan perempuan untuk mengenyam pendidikan sebagai dokter. Berkat dokter tersebut, Marie Thomas berhasil menjadi dokter perempuan pertama di Indonesia.

Berhasil mendapat Beasiswa kala itu

Hasil gambar untuk marie thomas
sumber foto : goodnews.com

Berkat kecerdasannya, Marie Thomas mendapat beasiswa dari STOVIA hingga lulus sekolah kedokteran. Marie Thomas menjadi satu-satunya perempuan yang bersekolah di STOVIA di antara 180 siswa laki-laki di STOVIA. Lalu dua tahun kemudian ada seorang perempuan bersekolah di STOVIA bernama Anna Warouw.

Mendirikan sekolah Kebidanan

Hasil gambar untuk marie thomas sekolah bidan
sumber foto : sonora.id

Kisah percintaan Marie Thomas dengan teman sekelasnya di Stovia yang bernama Mohammad Yusuf sangat menarik. Mereka berdua pindah ke Padang, selain sudah lulus sekolah kedokteran lalu menjadi dokter pada kala itu. Pada 1950 kemudian mendirikan sekolah kebidanan untuk perempuan Indonesia di Bukit Tinggi. Sekolah kebidanan ini pertama di Pulau Sumatera dan kedua di Indonesia. Tidak hanya itu, ia juga sering membantu para perempuan yang kesulitan dalam persalinan. Marie Thomas juga menjadi ahli ginekologi dan kebidanan pertama di Indonesia. Sungguh luar biasa!

Marie Thomas merupakan sosok yang mulia, sifat dan tingkah laku beliau perlu di apresiasi. Kiprahnya berbuah manis di masa sekarang. Semoga bermanfaat.

Travelista.id