Travelista, Jakarta – Sebuah perkotaan atau pemukiman biasanya dipadati oleh berbagai aktivitas warga local maupun wisatawan. Kendati begitu, hal ini berbeda dengan beberapa kota berikut ini. Bukannya ramai, kota-kota berikut ini justru sepi sunyi, bahkan ada yang sudah tak berpenghuni.

Tak diketahui secara pasti, deretan kota-kota ini berubah menjadi kota hantu, sebab tidak ada sama sekali manusia yang menempatinya. Di antara kota-kota berikut ini ditinggali karena keadaan yang sudah tidak memungkinkan, salah satunya karena polusi udara sehingga menyebabkan ratusan penduduknya tewas.

baca juga: Ini Dia Tujuan Tempat Bulan Madu Atta dan Aurel. Penasaran?

Tentu hal ini sangat mengerikan, mengingat sebuah kota atau pemukiman yang tadinya padat penduduk, kini ditinggali layaknya wahana hantu. Penasaran dengan kota-kota tersebut? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

1. Pripyat, Ukraina

Photo by Google

Kota mati pertama berada di Ukraina, tepatnya berada di Kota Pripyat. Kota ini berubah menjadi kota hantu karena disebabkan ledakan tenaga nuklir Chernobyl di Oblast Kiev, Ukraina Utara. Akibat ledakan dahsyat 4 reaktor nuklir pada 26 April 1986, 45.000 orang diungsikan guna mengindari efek partikel radioaktif.

Sebelum tragedi mengerikan ini terjadi, Pripyat merupakan sebuah kota industri, di mana Kawasan ini menjadi pusat pembangkit listrik tenaga nuklir. Dinamakan Pripyat, karena sebelumnya kota ini dialiri oleh sungai yang mengalir sepanjang kota ini.

2. Nagoro, Jepang

Photo by Google

Desa yang berada di Lembah Iya, Shikoku, Tokushima, Jepang ini jika dilihat sangat mirip dengan setting film horror. Bagaimana tidak, des aini dipenuhi dengan berbagai bineka seukuran manusia yang tersebar di beberapa titik.

Lebih seramnya lagi, boneka-boneka tersebut diletakan layaknya manusia yang sedang memancing, menunggu bus di hakte, hingga layaknya anak-anak yang sedang belajar. Usut punya usut, boneka-boneka tersebut merupakan buah karya dari Ayano Tsukimi, yang merupakan seorang wanita lanjut usia.

Penyebab tempat ini menjadi kota hantu belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa orang beranggapan kota ini ditinggali karena para penduduknya pergi ke kota atau desa lain demi mendapatkan kehidupan yang baik.

3. Centralia, Amerika Serikat

Photo by Google

Centralia merupakan sebuah kota mati yang berada di Amerika Serikat. Awalnya, kota ini dihuni oleh 2.761 penduduk dan kini Centralia sudah ditinggali oleh penduduknya karena adanya kebakaran tambang batubara yang terjadi pada tahun 1962.

Pada awalnya, Centralia merupakan sebuah kota yang tumbuh pesat karena adanya pertambangan batubara. Semua hal tersebut berubah menjadi petaka dan hingga saat ini Centralia menjadi salah satu kota yang tidak boleh didekati.

4. Wittenoom, Australia

Photo by Google

Sebuah kota kecil di Australia yang bernama Witternoom ini merupakan satu dari beberapa kota yang ditinggali oleh penduduknya dan berubah menjadi kota hantu. Penyebab awal kota ini ditinggali, karena adanya polusi udara yang menyebabkan para penduduknya sakit-sakitan.

Melihat fenomena ini, pemerintah setempat akhirnya memutuskan untuk menutup Witternoom secara permanen. Padahal, jauh sebelum tragedi ini terjadi, kota ini merupakan satu-satunya tempat yang memasok asbes biru di Negara Australia selama kurun waktu 10 tahun.

5. Marina City, Indonesia

Photo by Google

Tak hanya di luar negeri, di Indonesia sendiri ternyata terdapat pula kota hantu, tepatnya berada di Marina City, Batam, Indonesia. Sebuah kota yang terletak di Kepulauan Riau ini berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Berada  percis di perbatasan tiga negara, membuat Marina City sebuah tempat hiburan malam dan erat kaitannya dengan kemewahan. Namun, kegemerlapan itu semua berubah seketika saat adanya larangan perjudian dari pemerintah pusat.

Larangan tersebut lantas mematikan roda perekonomian Marina City dan kini berubah menjadi kota hantu karena ditinggali para penduduknya.

Travelista.id