Travelista – Panas, gerah, ditengah hiruk pikuk kota Jakarta tidak terasa di daerah Jakarta bagian ini!. Satu-satunya kabupaten di Jakarta ini memiliki ketenangan sekaligus kesenangan tersendiri banyak destinasi wisata air yang seru mulai dari Banana Boat, Snorkling, Diving, dsb.

Camping di beberapa pulau di kepulauan seribu tidak kalah seru dengan camping di daerah pegunungan. Kamu bisa menikmati deru ombak, suara angin, hingga bintang-bintang dari tempat kemah kamu.

Hampir semua pulau di kepulauan seribu bisa didirikan tenda untuk camping. Kali ini travelista.id akan memberikan pulau-pulau terbaik yang harus kamu coba untuk kamping.

1. Pulau Dolphin

Pulau Dolphin (Google.com)

Pulau ini masih tergolong sangat perawan, sampai-sampai tidak memiliki dermaga kapal seperti pulau-pulau lain di kepulauan seribu. Kontur pulau ini polos, pasir pantai sangat mendominasi pulau ini, sehingga sedikit sekali unsur tanah.

Banyak para backpacker berkemah disini karena hampir semua badan pulau dapat menjadi tempat didirikannya tenda.

BACA JUGA : 5 Fakta Pulau Dolphin

Orang mendirikan tenda
di P. Dolphin

Untuk akses ke pulau ini travers harus berangkat dari dermaga Kali Adem di Angke (durasi perjalanan 3 jam) atau dermaga Marina di Ancol (durasi perjalanan 1,5 jam) menuju Pulau Harapan. Kemudian di Pulau Harapan travers harus menyewa kapal nelayan dengan kisaran harga 400rb hingga 800rb tergantung besarnya kapal dan seberapa baik negosiasi anda. Perjalanan dengan kapal nelayan memakan waktu 20 s/d 40 menit.

Yang Terbaik dari pulau ini yang menjadikan pulau inin sebagai pulau terbaik di pulau seribu adalah spot untuk berenang dan berfoto ria di bibir pantai yang eksotis. Lautnya masih sangat bening sehingga bermain di bibir pantai dapat menyebabkan lupa waktu.

Namun, Yang Kurang Baik dari pulau ini adalah ketersediaan toilet dan warung. Tidak ada warung untuk kita dapat membeli minuman / makanan di pulau dolphin. Toilet tersedia hanya malam hari untuk para penghuni tenda, itu juga hanya bisa untuk kencing dan sedikit bilas. Dan juga travers harus membeli air bersih seharga 10rb / galon (sekitar 5 liter) untuk bisa melakukan aktifitas di toilet.

2. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun (Google.com)

Tidak berbeda jauh dengan Pulau Dolphin, pulau ini juga masih natural, tidak ada bangunan-bangunan permanen di dalamnya namun sudah memiliki dermaga.

Pulau ini lumayan luas, namun tidak semua badan pulau ini dapat didirikan tenda karena pepohonan yang lumayan rapat. Dan, tidak semua bagian pulau merupakan pantai landai, ada sisi pulau yang lumayan curam lautnya. Bagian laut agak curam tersebut biasa digunakan untuk memancing ikan.

Untuk dapat ke salah satu pulau terbaik untuk camping di pulau seribu ini travers bisa ke pulau pramuka dari dermaga kali adem angke (durasi 2 jam) atau dari dermaga marina ancol (durasi 1 jam). Kemudian dilanjutkan dengan menyewa kapal nelayan dengan kisaran harga 300rb hingga 700rb tergantung besar kapal. Ya, jarak pulau ini lebih dekat dibandingkan pulau dolphin dari Jakarta.

Keindahan pemandangan di pulau ini berada di pantai mungilnya dan dermaganya. Meskipun pantai nya mungil, namun terdapat spot snorkling yang bagus. Dermaga pulau ini juga sangat Instagrammable apalagi jika saat sunrise dan sunset.

Tenang, Toilet dan warung tersedia di pulau semak daun.

Tidak seperti di pulau dolphin, pulau ini memiliki sumur air sendiri sehingga anda tidak perlu membayar air. Namun, ya… airnya payau (asin), tidak direkomendasikan untuk mandi. Sehingga kalau mau mandi, pengelola pulau menyediakan air bersih dengan harga 10rb / galon (sekitar 5 liter).

Warung juga lumayan lengkap untuk keadaan darurat misal P3K, makanan dan minuman, serta baterai AA untuk penerangan maupun kamera. Tidak lupa pulau ini menyediakan minuman kelapa muda yang sangat serasi dengan pemandangan di pulau ini.

3. Pulau Kotok

Pemandangan dari Pulau Kotok (Google.com)

Pulau bekas resort ini memiliki wajah yang berbeda dengan pulau dolphin dan semak daun. Pulau ini memiliki bangunan-bangunan tua permanen bekas resort yang menjadikan nuansa pulau ini mistis. Biar mistis, ini merupakan bekas resort, sehingga masih ada beberapa spot yang memang di desain menawan masih tertinggal. Sehingga ini kami jadikan salah satu pulau terbaik di pulau seribu.

Seperti desain berlabuhnya kapal-kapal / dermaga, barrier reef (penahan gelombang) juga masih ada di pulau ini sehingga bisa berenang tanpa terlalu khawatir akan ombak, bentuk pulau ini juga unik, di desain sedemikian rupa menjadi bentuk yang sangat instagrammable.

Kita juga tidak perlu khawatir akan toilet, karena di pulau ini toiletnya sangat layak pakai dan berbeda dari pulau sebelumnya, toilet di pulau ini gratis pakai, tapi biarpun gratis harus tetap irit air ya karena air nya tetap terbatas.

Listrik juga tersedia di pulau ini hingga jam 12 malam menggunakan genset, jadi selepas jam 12 malam baru kegelapan dan langsung hening (dari suara genset).

Beberapa hewan-hewan ada yang berkeliaran disekitar pulau ini, diantaranya ada burung-burung, kadal, tupai, hingga biawak. Beruntungnya belum pernah ada yang bertemu ular atau binatang buas lain dipulau ini.

Untuk ke pulau kotok, kalian harus ke pulau pramuka menggunakan speed boat dari marina atau kapal tradisional dari dermaga kali adem. Jarak dari pulau pramuka ke pulau kotok ini memakan waktu sekitar 50 menit s/d 90 menit. Tergantung kapal nelayan yang kalian naiki dan cuaca.

4. Pulau Cina

Pulau Cina

Pulau ini merupakan pulau ex resort yang masih sangat perawan. Sentuhan resort hanya berada di badan pulau, kondisi pantai dan lautnnya masih asri belum ada sentuhan resortnya.

Pulau ini Bukan Pulau karya

Terdapat 2 pulau cina di kep. seribu. Pulau cina lainnya berada di dekat pulau pramuka.
Pulau tersebut juga disebut Pulau Karya.

Untuk dapat ke pulau ini travers bisa berangkat dari dermaga kali adem angke, atau marina ke pulau harapan kemudian dilanjutkan perjalanan dengan kapal nelayan ke pulau ini. Biaya perjalanan cukup lama hampir 5 jam perjalanan dari pelabuhan kali adem.

Toilet di pulau ini lumayan bersih dan memiliki persediaan air bersih yang cukup banyak. Hanya saja travers harus menimba air sendiri jika ingin mandi.

Listrik dan Warung absen di pulau ini, jadi travers harus sangat siap persediaan makanan dan minuman dipulau ini jika tidak ingin kelaparan atau kehausan. Dan juga harus disiapkan power bank / battery yang cukup untuk peralatan elektronik travers.

Salah satu bangunann resort di Pulau Cina

Dikarenakan pulau ini ex resort, bangunan-bangunan resort masih berdiri tegak di pulau ini. Keuntungannya, bangunan-bangunan tersebut sangat instagrammable, memunculkan suasana eksentrik pulau cina. Keuntungan lainnya adalah ketika turun hujan, travers bisa berlindung di bangunan tersebut sehingga tidak perlu terlalu repot memasukan barang2 kedalam tenda.

Itulah 4 pulau terbaik di kepulauan seribu yang sangat cocok untuk kalian yang ingin berkemah ria di pantai. Jika travers berminat mengunjungi pulau-pulau tersebut, travers bisa menghubungi kami di 0817866692 (Travelista) dengan harga-harga paket menarik. Kunjungi juga Instagramnya di @pulauseribu.kuy untuk selalu mendapatkan informasi harga ke pulau-pulau asik lainnya di pulau seribu.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here